Pasien Sembuh Meningkat, RSUD Kota Bogor Bakal Buka Layanan Non Covid-19

Pasien Sembuh Meningkat, RSUD Kota Bogor Bakal Buka Layanan Non Covid-19
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Tren kesembuhan pasien dalam pengawasan (PDP) dan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 meningkat di RSUD Kota Bogor. Hal ini membuat pihak manajemen secara bertahap akan membuka pelayanan non Covid-19 mulai Senin (11/5/2020) mendatang.

Saat ini, untuk penanganan Covid-19 di RSUD Kota Bogor memakai gedung baru blok III. Sementara gedung lain yang jauh jaraknya tengah dipersiapkan untuk dipergunakan bagi pasien non Covid-19.

"Sampai hari ini, yang sudah dipulangkan pasien PDP itu sekitar 128 orang. Tapi Minggu lalu masuk PDP baru, jadi silih berganti jumlahnya. Bisa dilihat saat ini paling banyak yang dirawat 38 orang PDP. Mudah-mudahan tidak ada penambahan ini dampak PSBB, masyarakat mulia mengerti social distancing. Harus menahan diri dibulan puasa jadi tetap diam dirumah," kata Direktur Utama RSUD Kota Bogor Ilham Chaidir, Rabu (6/5/2020).

Ilham menjelaskan, RSUD Kota Bogor ini punya tanggung jawab bagi pasien non Covid-19 yang jumlahnya cukup banyak juga. Kemarin RSUD Kota Bogor fokus sebagai rumah sakit rujukan dengan adanya pemisahan blok III gedung RSUD khusus Covid-19. Sehingga blok II dan lainnya bisa dipakai.

"Ada blok Pavio dan Yasmin sudah bisa dipakai karena beda jalur dan berjarak jauh. Kami triase termasuk paling aman, jadi kalau ada pasien demam dirawat terpisah. Kami bisa menampung pasien lain, operasi yang darurat sudah bisa karena memang diperlukan. Dengan ruang operasi terpisah, sudah bisa dilakukan operasi. Kami juga punya kamar operasi khusus PDP, sudah disiapkan," tuturnya.

Dia membeberkan, rawat jalan yang sempat kemarin ditutup, saat ini mulai dibuka seluas-luasnya. Insya Allah aman untuk masyarakat, paling penting itu harus disampaikan. Ini dilakukan bertahap, tidak semua langsung dibuka. Poli penyakit dalam, poli yang urgen, kalau poli gigi dan mata masih tutup. Tapi kalau dokter spesialis bersedia, maka akan dibuka.

"Mulai Senin dibuka, jadi saat Idul Fitri bisa normal diharapkan. Covid-19 sudah pergi dan hilang mudah-mudahan," tutur Ilham. (Rizki Mauludi)