100 Paket Sembako Disebar PWI Peduli KBB

100 Paket Sembako Disebar PWI Peduli KBB
Foto : PWI Peduli KBB saat membagikan bantuan pada warga yang membutuhkan (Istimewa)

INILAH, Ngamprah- Wabah pandemi corona virus desease (Covid-19) yang menjangkit di Indonesia telah menimbulkan dampak diberbagai sektor mulai dari kesehatan, sosial, dan ekonomi.

Dalam upaya meringankan beban masyarakat khususnya di Kabupaten Bandung Barat, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Peduli KBB membagi-bagikan 100 paket sembako. Bantuan tersebut disebar di tiga kecamatan seperti Kecamatan Padalarang, Batujajar dan Cihampelas, Rabu(6/5/2020).

"Kita belum bisa memberi banyak saat ini, mudah-mudahan kedepannya ada kepercayaan buat rekan-rekan pengurus PWI Peduli. Jadi gerakan kita bisa berlanjut," ujar Ketua PWI KBB Heni Suhaeni.

Bantuan tersebut merupakan titipan dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) KBB, namun atas izin Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna. Pembagian bantuan dilakukan dengan mendata warga yang betul-betul belum mendapatkan bantuan dari jaring pengaman sosial pemerintah.

Heni menuturkan, pelaksanaan pendistribusiannya PWI Peduli KBB bekerjasama dengan pengurus RW/ RT setempat supaya bantuan tepat sasaran.

"Sebelumnya, rekan-rekan pengurus PWI Peduli (KBB), mendata siapa-siapa saja yang layak menerima bantuan. Mereka berkoordinasi dengan Ketua RT atau Ketua RW," terangnya.

Heni menyampaikan terima kasih pada Bupati Bandung Barat yang telah memberikan kepercayaan untuk pendistribusian sembako itu. 

Ia berharap rekan-rekan PWI Peduli KBB, bisa mendapat kepercayaan lagi dari Pemda KBB atau pihak lainnya untuk bekerjasama mendistribusikannya.

Sementara itu, Ketua PWI Peduli KBB Hadi Wibowo menilai bansos bagi warga terdampak Covid-19 belum merata. Masih banyak warga yang membutuhkan. Jadi, kata dia, pihaknya mengetuk hati orang-orang yang memiliki harta lebih, agar mau berbagi.

 "Saat kita liputan, ada saja keluhan warga yang butuh bantuan. Inilah yang menjadi alasan kita terjun memberikan bantuan," tuturnya.

Dia melanjutkan, distribusi sembako PWI Peduli KBB sebagai terobosan pertama saja. Ia bersama rekan-rekan pengurus lainnya akan berupaya mencari sumber bantuan lagi.

"Alhamdulillah, setelah bantuan dari Pak Bupati (Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna), kita sudah ada bantuan lagi dari donatur lainnya. Insha Allah akan kita sampaikan dalam waktu dekat," tandasnya. (*).