Peringati Hardiknas, Smartfren dan Ruangguru Berikan CSR di Kabupaten Natuna

Peringati Hardiknas, Smartfren dan Ruangguru Berikan CSR di Kabupaten Natuna
Foto : Penyerahan bantuan paket sarana pendidikan dari Leader Smartfren Community Natuna, Sirojuddin kepada perwakilan sekolah di Natuna (Istimewa)

INILAH, Jakarta- Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2020, Smartfren berkolaborasi dengan Ruangguru melakukan kegiatan sosial di Kabupaten Natuna.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap kebijakan pemerintah guna memajukan dan memberdayakan desa 3T (tertinggal, terdepan, terluar). Selain itu, kegiatan ini juga  mendukung upaya pemerintah dalam meminimalisir penyebaran Covid-19 yang mengaharuskan siswa untuk belajar di rumah.

Bantuan yang dibagikan dalam 5 paket sarana penunjang pendidikan, antara lain laptop, LCD proyektor, Layar proyektor, modem dan kuota untuk 12 bulan. 

Selain itu, Smartfren dan Ruangguru memberikan Free Access Ruang Belajar selama 18 bulan kepada guru-guru dari lima sekolah yang mendapat bantuan Corporate Social Responsibility (CSR). Kelima sekolah di Natuna yang mendapat sumbangan perangkat penunjang pendidikan tersebut, antara lain SMAN 1 Bunguran Selatan, SMAN 1 Natuna, SMPN 1 Bunguran Selatan, SMP Nurul Jannah dan PKBM Impian Bunguran Timur Natuna. 

Bantuan secara langsung diserahkan oleh Smartfren Natuna team dan leader Smartfren Community Natuna dari tanggal 24 April hingga tanggal 22 Mei 2020 lalu. Tak hanya program bantuan perangkat penunjang pendidikan, Smartfren juga memberikan training/capacity building gratis secara online kepada tenaga pengajar, sekaligus monitoring dan evaluasi program pelaksanaan CSR di Natuna.

Chief Brand Officer Smartfren, Roberto Saputra mengatakan, inti dari kegiatan ini adalah memberikan akses dan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang merata bagi para siswa dimanapun berada merupakan pondasi dasar untuk mencetak warga Indonesia unggul seperti yang dicanangkan pemerintah. 

"Smartfren mendukung 100 persen program ini melalui koneksi jaringan 4G LTE terbaik ke pulau terluar di Indonesia," katanya melalui rilis yang diterima INILAH, Rabu (6/5/2020).

Tak hanya berhenti disana, menurutnya, bahu-membahu antara Ruangguru dengan komunitas Smartfren menyiapkan dan melaksanakan mentorship pada sekolah-sekolah di Natuna.

"Kami pastikan prosesnya tetap berjalan lancar, bahkan di masa pandemi COVID-19 sekalipun.” ujarnya.

Lebih jauh Roberto menjelaskan, Ruangguru yang berdiri sejak Juli 2014 adalah perusahaan teknologi terbesar di Asia Tenggara yang berfokus pada layanan pendidikan. Saat ini, lanjut dia, Ruangguru telah memiliki lebih dari 17 juta pengguna terdaftar dan memberikan akses kepada lebih dari 300.000 guru privat. 

"Ruangguru menawarkan platform pembelajaran berbasis kurikulum nasional melalui video pembelajaran interaktif oleh guru dan animasi di aplikasi ponsel," jelasnya.

Roberto menuturkan, Smartfren telah mengumumkan hadirnya layanan 4G LTE di Kabupaten Natuna, salah satu kepulauan  terluar Indonesia sejak Februari 2019 silam. 

"Hadirnya layanan kami (Smartfren) di Kabupaten Natuna merupakan bentuk dukungan dalam pemanfaatan komunikasi demi mengembangkan potensi sosial dan ekonomi masyarakat," tuturnya.

Roberto menambahkan, wilayah yang sudah tercakup layanan Smartfren adalah Kecamatan Bunguran Timur, sebagian Bunguran Tengah dan Selatan. 

"Sejak hadirnya layanan Smartfren di Kabupaten Natuna, masyarakat dapat merasakan kenyamanan dalam melakukan streaming video dan musik, bersosial media, hingga browsing melalui jaringan 4G LTE Smartfren," pungkasnya. (agus sn).

 

​​​​​