Kebahagiaan yang Jarang Dirasa

Kebahagiaan yang Jarang Dirasa
ilustrasi

SALAH satu kebahagiaan besar yang jarang kita rasa dan jarang kita sadari adalah saat nama kita disebutkan dalam doa kebaikan oleh orang-orang yang kita pernah berbuat kebaikan kepadanya dan kita telah melupakannya. Sangat mungkin bahwa saat mata kita terpejam, masih ada banyak mata yang belum terpejam demi mengajukan nama kita kepada Allah sebagai orang yang layak diperhatikan dan dilindungi Allah.

Bagaimana caranya agar kita selalu didoakan orang lain? Kemanapun dan kapanpun, tebarkan senyum sapa dan kebaikan kepada siapapun. Ini bermakna bahwa kita harus selalu berhati positif dan siap lelalu menebarkan positif untuk sekitar kita. Tanamkan bunga dalam hati orang lain, jangan tancapkan duri.

Dalam haditsnya, Rasulullah yang mulia menyatakan bahwa membuang duri di jalanan adalah perbuatan baik yang sangat dipuji dan dianjurkan. Mengapa? Karena itu bermakna menjauhkan derita untuk terjadi pada orang lain. Itu hanya duri di jalanan, pahalanya sudah sangat besar. Lalu bagaimana dengan membuang "duri" dari jalan hidup orang lain? Allaahu Akbar. Betapa luar biasanya pahala kebaikannya.

Jangan pernah lupa mendoakan orang tua kita yang paling berjasa membesarkan dan menuntun kita. Jangan pernah lupa mendoakan guru-guru kita yang telaten mengarahkan hidup kita. Jangan pernah lupa mendoakan orang-orang di sekeliling kita yang berjasa kepada kita. Jangan lupakan mendoakan saya yang setia menyapa Anda dengan niat berbagi ceria bahagia. Salam, AIM. [KH Ahmad Imam Mawardi]