Pelarian si YouTuber "Sampah" Berakhir di Merak

Pelarian si YouTuber "Sampah" Berakhir di Merak
Ilustrasi (istimewa)

INILAH, Bandung - Setelah empat hari melarikan diri dari kejaran polisi, pelarian YouTuber "sampah" Ferdian Paleka berakhir sudah. Ferdian ditangkap tim dari Satreskrim Polrestabes Bandung dan Polda Jabar, Jumat (8/5/2020) dini hari.

Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP Galih Indragiri mengatakan, Ferdian ditangkap tidak seorang diri. Dia sedang bersama pelaku lainnya, Aidil yang turut diburu Polisi.

"Tim Satreskrim Polrestabes Bandung dan Tim Jatanras Polda Jabar berhasil mengamankan 3 orang yaitu Ferdiansyah alias F, Aidil alias A, dan Jamaludin Alias J (Pakdenya si F)," ucap Galih saat dihubungi oleh wartawan.

Galih menyebutkan, Ferdian diamankan di kawasan Tol Jakarta-Merak. Kini semua pelaku kasus video prank bantuan isi sampah Ferdian dkk telah ditangkap untuk diproses lebih lanjut.

"Para tersangka kasus prank sudah diamankan semua. Target diamankan di Tol Jakarta-Merak daerah Tangerang, setelah keluar Pelabuhan Merak sekitar pukul 01.00 WIB, kini para tersangka sementara di bawa ke Ditreskrimum Polda Jabar," pungkas Galih.

Perlu diketahui sebelumnya, YouTuber Ferdian Paleka dkk dikecam warga netizen atas perbuatannya yang melakukan prank membagikan sembako berisi sampah dan batu kepada para transgender di Jalan Ibrahim Adjie.

Aksi tersebut direkam dan diunggah Ferdian di akun YouTube-nya. Pada rekaman itu, Ferdian dan rekannya memperlihatkan beberapa bingkisan yang disimpannya di dalam mobil. Adegan selanjutnya Ferdian dan tempat mereka mengorek-ngorek tempat sampah.

Para pemuda ini kemudian berkendara dengan menggunakan mobil untuk mencari targetnya dan membagikan bingkisan berisi sampah itu kepada para transgender yang tengah mangkal di pinggiran jalan di Kota Bandung.

Video tersebut pun viral dan mendapat kecaman dari para netizen. Saat dicek pada YouTube Ferdian dan Instagram yang bersangkutan, video tersebut dan akunnya telah dihapus. (ridwan abdul malik)