Anggaran Covid-19 Kabupaten Cirebon Rp121 milliar

Anggaran Covid-19 Kabupaten Cirebon Rp121 milliar
istimewa

INILAH, Cirebon - Gunjang ganjing terkait besaran anggaran penanganan Covid-19 untuk Kabupaten Cirebon terjawab sudah. Nilainya adalah Rp121 milliar. Sebelumnya mencuat nilai yang tidak karuan. Ada yang menyebut Rp140 milliar, Rp50 milliar bahkan ada yang menyebut Rp3 milliar.  Tentu saja, angka yang tidak pasti membuat bingung masyarakat.

"Angka pastinya Rp121 milliar. Ini supaya publik tahu nilai yang kita kucurkan untuk anggaran covid-19. Jangan sampai ada nilai yang tidak singkron yang mengakibatkan berita hoax," kata Sekda Kabupaten Cirebon, Rahmat Sutrisno, Jumat (8/5/2020).

Rahmat menjelaskan, nilai Rp121 milliar tersebut dibagi dalam dua kategori. Pertama untuk penanganan masalah kesehatan dengan nilai sebesar Rp79 milliar. Sementara kategori kedua masuk dalam Belanja Tidak Terduga (BTT) dengan nilai sebesar Rp42 milliar. Total anggaran tersebut yaitu untuk penanganan kesehatan, Jaring Pengaman Sosial dan dampak ekonomi akibat covid-19.

"Yang harus disiapkan adalah cadangan anggaran. Nilainya bisa berubah. Terus lagi, bagaimana kita nanti memikirkan dampak dari covid-19," jelas Rahmat.

Sekda menambahkan, kalau saja covid-19 tidak berakhir sampai bulan Agustus ini, kemungkinan Pemkab Cirebon akan berat menyiapkan anggaran untuk penanggulangan virus mematikan tersebut. Sekda berasumsi, bukan Kabupaten Cirebon saja sebetulnya, namun berimbas kepada seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Alasannya, Pemkab sudah kehabisan uang untuk menyiapkan anggaran.

"Anggaran bantuan pusat semua dipotong. Ini imbasnya pada pembangunan. Kalau covid-19 ini masih belum selesai sampai Agustus, kita menanggulangi anggaran dari mana lagi. Sekarang saja bisa bisa kita tidak menggelar proyek," tukas Rahmat. (maman suharman)