Kabur ke Palembang, Cara Ferdian Youtuber 'Sampah' Biar Gak Terlacak

Kabur ke Palembang, Cara Ferdian Youtuber 'Sampah' Biar Gak Terlacak
YouTuber Ferdian Paleka ditangkap polisi (Instagram/@garizluis37)

INILAH, Bandung - Ferdian Paleka si Youtuber "Sampah" telah berhasil diringkus tim dari Satreskrim Polrestabes Bandung dan Unit Jatanras Polda Jabar di kawasan Tol Jakarta-Merak, Jumat (8/5/2020) dini hari. Ferdian diketahui sempat kabur ke Pulau Sumatera.

"Jadi dalam pelariannya, dia bersembunyi di Ogan Ilir, Palembang," ucap Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Jawa Barat, Kombes Pol Hendra Suhartiono saat dihubungi melalui sambungan teleponnya.

Lebih lanjut, Hendra menyebutkan, Ferdian kerap kali mengganti nomor ponselnya dalam pelariannya. Hal itu ditunjukan agar keberadaannya tidak terlacak oleh Polisi.

"Selama pelarian juga dia gonta-ganti nomor ponsel," ungkap Hendra.

Untuk diketahui, Ferdian ditangkap tidak sendiri, Dia ditangkap bersama dua orang lainnya yaitu Aidil alias A dan Jamaludin Alias J (Paman Ferdian).

Sebelumnya, Youtuber Ferdian Paleka cs dikecam warga netizen atas perbuatannya yang melakukan 'prank' membagikan sembako berisi sampah hingga batu kepada para transgender di Jalan Ibrahim Adjie.

Aksi tersebut direkam dan diunggah Ferdian di akun YouTubenya. Pada rekaman itu, ferdian dan rekannya memperlihatkan beberapa bingkisan yang disimpannya didalam mobil. Adegan selanjutnya Ferdian dan tempatnya tampak mengorek-ngorek tempat sampah.

Para pemuda ini kemudian berkendara dengan menggunakan mobil untuk mencari targetnya dan membagikanya bingkisan berisi sampah itu kepada para transgender yang tengah mangkal di pinggiran jalan Kota Bandung.

Video tersebut pun viral dan mendapat kecaman dari para netizen. Saat dicek pada YouTube Ferdian dan instagram yang bersangkutan, video tersebut dan akun instagramnya telah dihapus. (Ridwan Abdul Malik)