Begini Kronologis Penangkapan Si Youtuber "Sampah" Ferdian Paleka di Merak

Begini Kronologis Penangkapan Si Youtuber "Sampah" Ferdian Paleka di Merak
Foto: Ridwan Abdul Malik

INILAH, Bandung - Pelarian si Yotuber "Sampah" Ferdian Paleka resmi berakhir di Merak. Dia bersama rekannya Aidil, tidak berkutik saat petugas dari Satreskrim Polrestabes Bandung dan Ditreskrimum Polda Jabar menciduknya di kawasan Tol Jakarta-Merak, Jumat (8/5/2020) dini hari.

Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Jawa Barat, Kombes Pol Hendra Suhartiono, menjelaskan, penangkapan Ferdian dan Aidil berawal dari diamankannya orang tua kandung Ferdian, bersama mobil yang digunakan untuk membuat video prank bantuan isi sampah di kawasan Bogor.

Dia menduga, ada keterlibatan orang tuanya dalam pelarian anaknya dari kerjaran polisi. Hal itu terbukti dari hasil pemeriksaan, Polisi mendapatkan sebuah titik terang keberadaan Ferdian di Ogan Ilir, Palembang.

"Kita sudah mengamankan orang tuanya dulu dapatlah satu titik di OI (Ogan Ilir), akhirnya kita lepas orang tuanya," ucap Hendra saat ungkap kasus di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Jumat (8/5/2020).

Meski dilepas, lanjut Hendra, penyidik tidak membiarkan orang tuanya bebas begitu saja. Penyidik tetap melakukan pengintaian terhadap orang tua Ferdian yang diduga kuat mengetahui keberadaan anaknya.

Kecurigaan penyidik terhadap orang tuanya pun berbuah manis. Pasalnya, alih-alih kembali kerumah, orang tua Ferdian malah pergi ke wilayah pelabuhan merak untuk menjemput kedatangan anaknya.

"Kita ikutin ternyata dia ke arah merak, berarti ada komunikasi antara orang tua dengan FP. Saat mereka kembali alhamdulilah kita telah tangkap di Tol Jakarta-Merak. Ada orang tuanya satu mobil dia," pungkas Hendra.

Atas perbuatannya, Ferdian cs terancam dijerat Pasal 45 Ayat 3 UU ITE tentang penghinaan atau pencemaran nama baik melalui informasi elektronik. Selain itu polisi juga menerapkan dua pasal tambahan atas kasus tersebut, yakni Pasal 36 dan Pasal 51 Ayat 2 UU Nomor 11 Tahun 2008.

Untuk diketahui, Youtuber Ferdian Paleka cs dikecam warga netizen atas perbuatannya yang melakukan 'prank' membagikan sembako berisi sampah hingga batu kepada para transgender di Jalan Ibrahim Adjie.

Aksi tersebut direkam dan diunggah Ferdian di akun YouTubenya. Pada rekaman itu, ferdian dan rekannya memperlihatkan beberapa bingkisan yang disimpannya didalam mobil. Adegan selanjutnya Ferdian dan tempatnya tampak mengorek-ngorek tempat sampah.

Para pemuda ini kemudian berkendara dengan menggunakan mobil untuk mencari targetnya dan membagikanya bingkisan berisi sampah itu kepada para transgender yang tengah mangkal di pinggiran jalan Kota Bandung.

Video tersebut pun viral dan mendapat kecaman dari para netizen. Saat dicek pada YouTube Ferdian dan instagram yang bersangkutan, video tersebut dan akun instagramnya telah dihapus. (Ridwan Abdul Malik)