Pemprov Distribusikan 71 Ribu Paket Bantuan untuk Kabupaten Cirebon.

Pemprov Distribusikan 71 Ribu Paket Bantuan untuk Kabupaten Cirebon.
Foto: INILAH/Maman Suharman

INILAH, Cirebon -  Sebanyak 71 ribu paket bantuan dari Pemprov Jabar untuk warga di Kabupaten Cirebon, mulai didistribusikan, Sabtu (9/5/2020). Pendistribusiannya sendiri, ditandai dengan launcing yang dihadiri Wakil Gubernur Jabar, UU Ruzhanul, bertempat di Kantor Pos Sumber. Menurut UU, bantuan sosial ini merupakan kebijakan provinsi tahap kedua, terkait dampak wabah Covid-19.

"Sebelum mengeluarkan kebijakan bantuan sosial, Pemprov juga sudah mengeluarkan kebijakan kesehatan.

Nanti setelah kebijakan bansos ini sudah dilaksanakan, maka ada kebijakan yang ketiga, terkait padat karya," Kata Uu 

Uu menyebutkan, saat ini ada 8 juta warga miskin di Jabar. Tercatat, 1,7 juta diantaranya merupakan warga miskin baru. Namun semuanya tercover dari sejumlah bantuan yang digelontorkan oleh pusat, provinsi maupun daerah. Wagub juga mengapresiasi update data yang dimiliki Pemkab Cirebon. Masalahnya, diwilayah lain data penerima masih belum update.

"Dengan jumlah penerima mencapai 71ribu jiwa, saya harap tidak ada gejolak. Tapi bantuan dari Pemprov, bukan untuk semua masyarakat di Jawa Barat, namun hanya untuk warga yang terdaftar dan memenuhi syarat," ungkapnya.

Sementara Bupati Cirebon, Imron, mengatakan, warga yang menerima bantuan dari Pemprov Jawa Barat, berjumlah 71.254 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Jumlah tersebut terdiri dari 10.675  Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan 60.579 non-Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (non-DTKS).

"Bantuan yang diberikan Pemprov Jabar, berupa sembako dan uang tunai. Untuk sembako yang diberikan, senilai Rp 350ribu, sedangkan uang tunainya, sejumlah Rp 150ribu. Masyarakat akan menerima bantuan ini selama 4 bulan," jelas Imron.

Imron menambahkan, selain bantuan dari Pemprov, Pemkab Cirebon juga akan memberikan bantuan kepada 46.848 KPM. Bantuan yang diberikan berupa sembako, yang terdiri dari beras, gula dan minyak. Pemkab sendiri akan memberikan bantuan selama 3 bulan  

"Masalah pendistribusian bantuan, masih menunggu kesiapan dari Bulog karena saat ini, Bulog masih membantu menyiapkan bantuan dari Pemprov," tukas Imron. (maman suharman).