Dukung Pedagang Lokal, Shopee Gandeng Pasar Jaya

Dukung Pedagang Lokal, Shopee Gandeng Pasar Jaya
istimewa

INILAH, Jakarta - Platform e-commerce Shopee kembali mempertegas komitmen mereka untuk mendukung integrasi platform penjualan online dan offline dalam mendukung pengembangan bisnis UMKM lokal di ranah digital, dengan menggandeng PD Pasar Jaya.

UMKM menjadi salah satu sektor yang terkena dampak paling signifikan di tengah situasi pandemi virus corona (COVID-19) di mana terjadi penurunan penjualan offline. Sebagai bentuk nyata komitmen tersebut, Shopee membantu keberlangsungan ratusan ribu pedagang PD Pasar Jaya untuk membuka toko online guna menjaga eksistensi usaha dan roda perekonomian.

Selain membantu pedagang UMKM, pengguna dapat menikmati penawaran spesial, yaitu bisa menawar barang dengan jaminan harga pasar dan grosir.

Direktur PD Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan bahwa pihaknya sangat senang atas sinergi secara offline ke online antara PD Pasar Jaya dan Shopee.

"Kerja sama ini memberikan kesempatan bagi pedagang kami untuk dapat memasarkan produknya secara lebih luas lagi, bukan hanya kepada pelanggan setia pasar offline PD Pasar Jaya, namun juga pelanggan Shopee di seluruh Indonesia. Kami berharap ini dapat mendukung keberlangsungan usaha pedagang kami untuk tetap berdaya, khususnya selama masa pandemi ini," kata Arief, dalam keterangan tertulisnya kepada INILAHCOM.

Pada saat Bulan Cuci Ramadan hingga mendekati Lebaran, pedagang PD Pasar Jaya seringkali merasakan animo belanja masyarakat yang tinggi. Maka melalui inisiatif kerja sama ini, Shopee berharap dapat membantu para pedagang PD Pasar Jaya untuk tetap bisa berdaya.

Kerja sama ini akan diawali dari Pasar Tanah Abang yang menjual ragam pilihan produk fesyen, dimana pengguna dapat temukan berbagai kebutuhan seperti baju, mukena, baju anak, dan aksesoris fesyen lainnya dengan harga murah di bawah Rp100.000 serta tambahan cashback. Diskon yang ditawarkan juga sangat menarik, yaitu hingga 80 persen.

Kemudian akan dilanjutkan dengan Pasar Pramuka yang menawarkan ragam obat-obatan dan kemudian diharapkan dilanjutkan ke seluruh pasar di bawah naungan PD Pasar Jaya.

Pengguna dapat memenuhi ragam kebutuhan dengan keuntungan belanja di Big Ramadhan Sale #ShopeeDariRumah.

"Kami menyambut baik kerja sama dengan PD Pasar Jaya. Dengan mengawali kerja sama dengan Pasar Tanah Abang, pengguna dapat memenuhi berbagai produk fesyen selama Bulan Ramadhan, serta kebutuhan esensial lainnya berupa vitamin dan obat-obatan dari Pasar Pramuka," ujar Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia, dalam keterangan yang sama.

Menurut dia, inisiatif Shopee ini dilatarbelakangi oleh besarnya dampak kepada mitra-mitra UMKM dikarenakan pemberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan Pemerintah.

"Kami berharap platform kami dapat dijadikan medium dalam memajukan dan meringankan beban para pedagang agar tetap dapat menata kehidupannya dengan bisnis online," ucap Handhika.

Kerja sama antara Shopee dan PD Pasar Jaya didukung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk bersama-sama menjaga keberlangsungan kegiatan di Indonesia khususnya di Ibu Kota.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut dengan adanya wabah COVID-19, tentunya Pemerintah terus mengkaji detail kebijakan terkait dengan bantuan untuk masyarakat akibat kondisi perekonomian yang menurun, terutama para UMKM yang terdampak.

"Kami juga mengimbau masyarakat agar dapat beraktivitas tanpa meninggalkan rumah demi menekan penyebaran virus ini. Melihat kerja sama yang diadakan oleh kedua belah pihak, kami mengapresiasi langkah cepat PD Pasar Jaya untuk menggandeng Shopee dalam memasarkan produk-produk dan membantu para pedagang PD Pasar Jaya dalam mengembangkan usahanya di ranah digital. Kerja sama sinergis ini akan membuka peluang bagi UMKM dalam memajukan usahanya dengan menjangkau masyarakat yang lebih luas," kata Anies.

Pemberian modal kerja dan kemudahan pemasaran untuk UMKM

Demi menjaga kegiatan perekonomian tetap berjalan dengan baik, berikut detail dukungan bagi para pedagang PD Pasar Jaya sebagai mitra penjual yang diberikan oleh Shopee:

- Untuk mitra penjual, Shopee memberikan bantuan modal kerja awal hingga Rp1 juta alam bentuk voucher, kredit iklan sebesar Rp150.000, serta gratis program promosi yaitu Gratis Ongkir Xtra selama 2 minggu.

- Bantuan servis dari Tim Shopee dengan panduan pembuatan toko, pendaftaran produk, dan melakukan pengemasan.

Bentuk dukungan yang diberikan dengan kehadiran PD Pasar Jaya di Shopee juga turut dirasakan para pembeli agar tetap menjaga konsumsi masyarakat lebih mudah. Melalui fitur tawar dan harga grosir, pengguna dapat memenuhi berbagai kebutuhan esensial dengan harga terjangkau.

Selain itu, pengguna dapat menikmati berbagai penawaran menarik, seperti diskon, Gratis Ongkir Xtra untuk toko bertanda khusus, serta tambahan cashback.

Pada kesempatan sebelumnya, Shopee juga telah mengedepankan program bantuan kesejahteraan yang berfungsi sebagai stimulus untuk para pihak terdampak dengan total Rp100 miliar melalui program Dukungan COVID-19 100M Shopee. Program ini diluncurkan demi menjaga daya saing UMKM di tengah situasi pandemi saat ini.

Untuk menambah kenyamanan berbelanja online, pengguna dapat menikmati penawaran tambahan dengan menggunakan metode pembayaran ShopeePay, seperti Voucher Gratis Ongkir dan Voucher Cashback Spesial. (inilah.com)