Era CR7-Messi Segera Berakhir, Arsene Wenger Sebut 2 Sosok Penerus, Siapa?

Era CR7-Messi Segera Berakhir,  Arsene Wenger Sebut 2 Sosok Penerus, Siapa?
Mantan Manajer Arsenal, Arsene Wenger. (Net)

INILAH, London- Arsene Wenger yakin era Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi akan segera berakhir. Dia menyebut dua penerusnya. Siapa?

Rivalitas Ronaldo dan Messi jadi magnet terbesar di dunia olahraga dalam beberapa tahun terakhir. Keduanya ada di level berbeda dengan pesepak bola lainnya. Mereka terus bersaing meraih berbagai gelar prestisius.

Ronaldo mengoleksi lima gelar Ballon d'Or. Messi lebih banyak satu, yakni enam gelar. Tetapi, Ronaldo unggul di koleksi trofi Liga Champions. Dia lima kali merajai ajang paling bergengsi Eropa, itu sementara Messi empat kali.

Ronaldo lebih unggul di level timnas lantaran mampu mengantarkan Portugal juara Piala Eropa dan UEFA Nations League. Sementara Messi hanya punya gelar Piala Dunia U-20 serta emas Olimpiade.

Messi dan Ronaldo kini sudah memasuki usia kepala tiga. CR7 35 tahun sementara Messi 32 tahun. Banyak yang meyakini kedua pemain itu akan segera meredup. "Era mereka berdua tak lama lagi berakhir," kata Arsene Wenger kepada talkSport.

Pelatih asal Prancis ini pun menyebut dua nama yang paling berpotensi menggantikan era Messi dan Ronaldo. "Untuk saat ini, Kylian Mbappe dan Neymar," jawabnya.

Mbappe sudah mencuri perhatian dengan menjuarai Piala Dunia 2018 di usia 19 tahun. Neymar pun masih terus bermain apik dan menjadi ikon sepakbola Brasil terhebat masa kini.

Namun, Arsene Wenger juga menaruh perhatian pada pemain-pemain muda Inggris yang punya talenta.

Sebut saja seperti Jadon Sancho di Borussia Dortmund, Tammy Abraham, Callum Hudson-Odoi dan Mason Mount di Chelsea, serta Marcus Rashford di Manchester United.

"Akan ada selalu ada pemain-pemain muda yang hebat, seperti dari Inggris misalnya. Ada banyak pemain muda yang berpotensi dan bisa jadi bintang di masa depan," papar Wenger.

Tak Tergantikan

Sementara itu Bernardo Silva, bintang Manchester City, yakin ketika kompatriotnya Ronaldo pensiun, maka akan jadi hari sedih sedunia.

Dalam pandangan sang gelandang, megabintang Juventus itu adalah figur yang tak akan pernah tergantikan, baik di level klub dan timnas.

Ronaldo memang mulai memasuki masa akhir kariernya, akan tetapi yang bersangkutan pernah mengungkapkan bahwa dia siap bermain hingga usia 40 tahun, bahkan lebih.

Namun Silva juga mengingatkan, Portugal dan klub yang diperkuat Ronaldo harus siap menghadapi kenyataan bahwa sang superstar mereka itu cepat atau lambat akan gantung sepatu dan mesti mempersiapkan diri bermain tanpanya.

"Suatu saat ketika Cristiano pensiun, itu akan jadi hari patah hati. Bahkan saya tak perlu menjelaskan alasannya," ujar Silva kepada Esporte Interativo.

"Dia adalah pemain yang mustahil untuk digantikan," tukas Silva. (bsf)