Terciduk, Dua Pemuda Pelaku Puluhan Curanmor di Kabupaten Bandung

Terciduk, Dua Pemuda Pelaku Puluhan Curanmor di Kabupaten Bandung
Foto: Dani R Nugraha

INILAH,Bandung- Personil Unit Reskrim Polsek Ibun Kabupaten Bandung menciduk dua orang pemuda berinisial A (19) dan O (18) atas perbuatannya melakukan lebih dari 10 kali pencurian motor di wilayah Kecamatan Ibun dan beberapa kecamatan lainnya di Kabupaten Bandung.

Dari hasil penyelidikan polisi, kedua pemuda tersebut ditetapkan sebagai tersangka. Keduanya di diketahui sudah lebih dari 10 kali melakukan aksi pencurian roda dua di wilayah Ibun dan kecamatan lain di Kabupaten Bandung. Motor hasil curian mereka biasanya dijual kewilayah Paseh dan Kabupaten Garut seharga Rp 800 ribu hingga Rp 1 juta.

Kapolsek Ibun Iptu Carsono mengatakan, aksi kedua pemuda ini terhenti setelah polisi menerima laporan dari salah seorang korban bernama Abdul Mugni yang kehilangan motor miliknya pada Rabu (6/5/2020) lalu. Berbekal laporan tersebut, polisi melakukan penyelidikan dan berdasarkan sumber di lapangan, pelaku pencurian mengarah pada kedua tersangka dan langsung dilakukan penangkapan.

"Kedua pelaku A dan O ini adalah orang baru dalam kasus pencurian. Mereka bukan residivis atau napi yang dibebaskan karena program asimilasi dampak wabah Covid-19," ujar Carsono, Minggu (10/5/2020).

Dikatakan Carsono, dari hasil pengungkapan, pihaknya menyita dua unit motor, Yamaha X-Ride milik Abdul Mugni warga Kampung Leuwinangung Desa Talun Kecamatan Ibun dan Yamaha Mio J. Sedangkan beberapa kendaraan lainnya saat ini sedang dicari. Selain itu, ikut diamankan kunci letter T dan obeng.

"Biasanya mereka melakukan aksimya malam sekitar pukul 22.00-23.00 WIB. Dengan sasaran  motor yang diparkir di tempat sepi dan luput dari pemantauan pemiliknya," ujarnya.

Kedua orang pelaku ini mendekam di sel tahanan sambil menunggu proses hukum selanjutnya. Atas perbuatannya, mereka dikenakan pasal 363 KUH Pidana tentang Pencurian dengan Pemberatan. Ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara.

Carsono melanjutkan, untuk mencegah terjadinya tindakan kriminal yang meresahkan di masyarakat, saat ini juga pihaknya menggelar program Kring Serse di tiap desa di Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung. Program ini bertujuan menciptakan situasi Kamtibmas yang aman, damai, nyaman dan kondusif di wilayah  Kecamatan Ibun.

"Program Kring Serse ini mengedepankan sinergitas tiga Pilar Desa dan juga komunikasi, koordinasi yang baik dengan masyarakat. Hasilnya, baru-baru ini Polsek Ibun mengungkap kasus curanmor," katanya.(rd dani r nugraha).