Alhamdulillah, 13 Ribu Warga Cimahi Terima BST

Alhamdulillah, 13 Ribu Warga Cimahi Terima BST

INILAH, Cimahi- Sebanyak 13.491 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Cimahi menerima bantuan sosial tunai (BST). Kemensos pun manargetkan pekan ini bantuan tersalur unuk 1,8 juta Kepala Keluarga (KK) di luar Jabodetabek. 

"Minggu ini target kita sekitar 1,8 juta KK untuk BST di luar Jabodetabok. Makannya kami lihat sendiri langsung proses penyalurannya. Semoga lancar semua, tertib, mengikuti protkokol kesehtan yang ada," kata Mensos Julian Batubara saat meninjau langsung penyaluran BST kepada KPM di Kota Cimahi , Minggu (10/5/2020). 

Julian berharap agar uang BST dipamai untuk kebutuhan yang bermanfaat bagi keluarga, seperti sembako dan lainnya. Julian memaklumi  bantuan Rp 600 ribu secara keseluruhan tidak akan mencukupi kebutuhan masyarakat yang terdampak covid-19. 

"Uangnya jangan dibelikan rokok, itu untuk keluarga. Beli makan, yang penting-penting," ujarnya.

Bagi yang belum tercover BST, kata Juliari, akan dicover dari bantuan Pemprov maupun Pemkot. Pihaknya meminta intervensi dari pemerintah daerah (Pemda) bagi warga terdampak Covid-19 yang belum dapat bantuan dari pemerintah pusat agar diperhatikan. 

Selain itu, Mensos pun meminta Pemkot  memperhatikan akurasi data untuk terus diperbaharui untuk dimasukan ke Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), fan terus diupdate . Sebab, jika ada warga yang tidak tercatat dalam DTKS nanti akan kesulitan mendapatkan bantuannya. 

Dengan adanya perbaharuan data oleh Pemda, maka diharapkan target 9 juta KPM penerima BST dapat membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

Data Kemensos mencatat, di Kota Cimahi, tercatat 13.491 KPM yang mendapatkan BST. Dari jumlah tersebut, sebanyak 7.864 KPM telah menerima BST sebesar 600.000 rupiah.
Sedangkan sisanya sebantak 5.627 KPM akan diterima mereka mulai hari ini.

Sementara jumlah penerima BST di propinsi Jawa Barat tercatat sebanyak 
321.016 KPM. Rincian penyaluran melalui PT Pos sebanyak 285.552 KPM, melalui bank BNI sebanyak 5.953 KPM, melalui BRI senanyak 18.296, melalui BTN sebanyak 826 KPM dan melalui Bank Mandiri sebanyak 10.389 KPM. 

Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna menjanjikan, semua masyarakat yang terdampak ekonominya akibat Covid-19 akan mendapat bantuan semua. Sebab menurutnya ada sembilan pintu bantuan yang akan diberikan.

"Insya Alloh masyarakat Kota Cimahi akan kebagian semua, karena pintu terakhir akan kami tangguulangi dari APBD Cimahi," katanya. (Ahmad Sayuti)