Robert Alberts Optimistis Kompetisi di Indonesia akan Dilanjutkan

Robert Alberts Optimistis Kompetisi di Indonesia akan Dilanjutkan
istimewa

INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts optimistis Liga 1 2020 akan kembali dilanjutkan. Bahkan akan digulirkan dalam waktu dekat. 

Pelatih asal Belanda ini melihat beberapa negara sudah memulai untuk melanjutkan kompetisinya. Tak hanya di Eropa, namun juga dilakukan beberapa negara di Asia. 

"Jika melihat ke sekitar, di regional kami, penyebaran dari virus (Covid-19) sudah semakin terkendali. Angka yang terinfeksi menurun. Vietnam sudah akan menggelar liga. Brunei dan Singapura virus semakin terkendali, Thailand dan Malaysia juga jumlah korban menurun. Saya rasa itu menjadi ukuran Indonesia juga bisa mengendalikan itu," ujar Robert saat dihubungi. 

Dengan alasan itu, Robert optimistis Liga 1 2020 akan kembali dilanjutkan. Terhitung hingga tiga pekan ke depan atau tepatnya awal Juni mendatang. 

"Saya cukup optimistis dengan waktu tiga pekan dari hari ini sampai tanggal 28 bulan ini, pemerintah memberi sinyal positif kami bisa memulai lagi liga. Itu tentunya menjadi pilihan saya, dan juga pilihan dari semua pemain, pelatih dan ofisial," katanya. 

Pelatih berusia 64 tahun ini bahkan siap mengikuti peraturan ketat dari pemerintah atau PSSI dalam menjalankan kompetisi demi menghindari paparan Covid-19.

"Kami akan mengikuti peraturan ketat soal protokol kesehatan yang dibuat pakar kesehatan. Tentunya kami siap mengikuti peraturan pertandingan tertutup yang artinya penonton tidak bisa datang. Itu salah satu cara untuk memulai lagi liga," tuturnya. 

Menurutnya, pertandingan tanpa penonton menjadi satu di antara cara agar kompetisi Liga 1 2020 bisa dilanjutkan. Sehingga kesehatan pun akan tetap terjaga. 

"Stadion kosong dan semua bisa mengikuti laga lewat televisi, karena semua laga layak disiarkan. Suporter juga harus mengerti, saat kondisi sudah benar-benar terkendali, tentunya stadion juga nantinya akan terbuka lagi," jelasnya. 

PSSI sebelumnya memutuskan untuk menunda kelanjutan kompetisi, tak hanya Liga 1 namun juga Liga 2 hingga akhir Mei 2020 mendatang akibat pandemi Covid-19. 

Federasi sepak bola Indonesia itu rencananya ingin menggelar kompetisi Liga 1 dan Liga 2 kembali pada 1 Juli 2020 dengan catatan pemerintah Indonesia tidak memperpanjang masa tanggap darurat Covid-19 yang direncanakan berakhir 29 Mei. 

Namun sebaliknya, bila pemerintah Indonesia memperpanjang masa darurat, maka kompetisi Liga 1 dan Liga 2 dinyatakan selesai atau diberhentikan.

PSSI juga sudah menyiapkan turnamen pengganti kompetisi pada September 2020.Meski begitu, PSSI belum membahas secara detail bagaimana format turnamen yang akan dimainkan oleh klub Liga 1 dan Liga 2.(Muhammad Ginanjar)