Pendaftaran PPDB Tingkat SMA, SMK dan SLB Lebih Mudah, Ini Tanggal dan Jalurnya

Pendaftaran PPDB Tingkat SMA, SMK dan SLB Lebih Mudah, Ini Tanggal dan Jalurnya
Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dewi Sartika. (Okky Adiana)

INILAH, Bandung - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) Dewi Sartika, mengumumkan tanggal dan alur pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2020/2021 untuk tingkat SMA, SMK dan SLB.

Khusus tahun ini pendaftaran diyakini lebih mudah karena dilakukan sepenuhnya dalam jaringan (online) serta dibuka dalam dua tahap, yakni pada 8-12 Juni dan 25 Juni hingga 1 Juli 2020.

Ada empat jalur PPDB jenjang SMA, yakni jalur zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua, dan prestasi. Tiap jalur pendaftaran memiliki persentase kuota yang berbeda. Untuk SMA, jalur zonasi minimal 50%, afirmasi minimal 20%, perpindahan maksimal 5%, dan prestasi sisa kuota (maksimal 25%). 

Sedangkan PPDB di SMK terbagi tiga jalur. Yakni, jalur afirmasi, perpindahan orang tua, jalur prestasi rapor umum, jalur prestasi rapor unggulan/kelas industri, dan prestasi kejuaraan. Untuk PPDB SMK tidak menerapkan sistem zonasi. 

"Persentase kuota penerimaan SMK, yaitu untuk jalur afirmasi 20%, perpindahan orang tua 5%, prestasi rapor umum 40%, prestasi rapor unggulan/kelas industri 30%, dan prestasi kejuaraan 5%," imbuh Dewi, Selasa (12/5/2020).

Dia menambahkan untuk PPDB SLB tidak menerapkan jalur pendaftaran. Pendaftaraan dilakukan secara daring atau online, kecuali untuk SLB. Pendaftaran dilakukan secara luring (offline). Bagi calon peserta didik yang terkendala akses internet, dapat meminta bantuan sekolah asal. 

Pada PPDB SMA, Kadisdik menjelaskan, tahap pendaftaran pertama diperuntukkan bagi jalur afirmasi, perpindahan, dan prestasi. Sedangkan tahap pendaftaran kedua diperuntukkan bagi calon peserta didik yang akan mendaftar melalui jalur zonasi.

"Jadi, bagi yang tidak diterima di sekolah tujuan saat pendaftaran pertama, bisa mendaftar pada tahap kedua dari jalur zonasi," jelasnya.

Sedangkan PPDB SMK, lanjut Kadisdik, tahap pendaftaran pertama diperuntukkan bagi jalur afirmasi, perpindahan, dan prestasi unggulan/kelas industri serta prestasi kejuaraan. Tahap pendaftaran kedua diperuntukkan bagi jalur prestasi nilai rapor. Untuk SMK, tidak menggunakan jalur zonasi

"Pendaftaran PPDB di TKLB, SDLB, SMPLB, dan SMALB juga dilaksanakan bersamaan dengan PPDB SMA dan SMK. Pendaftaran calon peserta didik SLB bisa dilakukan secara luring oleh SLB asal," jelas Dewi. (Okky Adiana).