Anggaran 'Bergeser', Pemkab Bogor Tetap Benahi Stadion Pakansari untuk Piala Dunia U-20

Anggaran 'Bergeser', Pemkab Bogor Tetap Benahi Stadion Pakansari untuk Piala Dunia U-20
(Ilustrasi/ Reza Zurifwan)

INILAH, Bogor- Sesuai permintaan FIFA dan PSSI, Pemkab Bogor tetap memerbaiki dan memperindah Stadion Pakansari.

Stadion Pakansari menjadi salah satu kandidat venue Piala Dunia U-20 tahun 2021 bersama 5 stadion lainnya seperti Gelora Bung Karno (DKI Jakarta), Stadion Manahan (urakarta), Stadion I Wayan Dipta (Bali), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta) dan Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang).

"Seiring permintaan FIFA maupun PSSI, Bupati dan Wakil Bupati Bogor pun tahun ini tetap memperbaiki dan memperindah Stadion Pakansari, Cibinong karena kuat peluang menjadi tempat pelaksanaan Piala Dunia U - 20 pada Tahun 2021 mendatang," ucap Bambang Setiawan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor kepada wartawan, Selasa (12/5).

Mantan Camat Ciawi ini menerangkan kareba anggaran untuk dinasnya terkena recofusing atau pergeseran demi penangganan wabah virus corona (covid 19), maka proyek memperbaiki dan memperindah Stadion Pakansari, Cibinong dilakukan secara bertahap dengan total anggaran Rp 26 miliar.

"Proyek memperbaiki dan memperindah Stadion Pakansari, Cibinong tahap pertama ini pagu anggarannya Rp 8 miliar dan tahap selanjutnya pagu anggaran tersisa Rp 18 miliar lagi. Semoga badai covid 19 ini segera berlalu hingga kita tetap bisa menonton Piala Dunia U - 20 maupun ajang olahraga lainnya," terangnya.

Mengenai apa yang dikerjakan dari proyek Rp 8 miliar tersebut, Bambang menuturkan itu tergantung dari lelang konsultan perencanaan yang saat ini belum diputuskan pemenangnya oleh Bagian Pengadaan Barang Jasa.

"Pekerjaan konsultan perencanaan masih dalam tahap lelang dan setelah itu baru lita ketahui proyek bagian mana dulu yang akan dikerjakan demi memperbaiki dan memperindah stadion kebanggaan warga Bogor ini. Walaupun dikerjakan secara bertahap, semoga proyek ini sudah selesai dikerjakan sebelum Bulan April atau Juni tahun 2021 mendatang," tutur Bambang.

Terpisah, Kepala Badan Perencana Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bogor Syarifah Sopiah Dwikorawati secara singkat menjelaskan bahwa anggaran persiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia U - 20 memang berkurang karena pergeseran atau recofusing.

"Kalau proyek memperindah dan mempercantik Stadion Pakansari, Cibinong itu tetap kita lakukan walaupun dikerjakan secara bertahap namun untuk Tugu Piala Dunia U - 20 di Simpang Sentul kita tunda dulu karena menunggu kepastian digelarnya ajang prestisius ini," jelas Syarifah.

Senada dengan Syarifah, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Bogor Juanda melanjutkan walaupun area Tugu Piala Dunia U - 20 lahannya sudah dibebaskan dan siap bangun, namun karena ada pergeseran anggaran maka proyek itu tidak ada di semester pertama tahun 2020 ini.

"Proyek pembangunan fisik Tugu Piala Dunia U - 20 dan taman lainnya di sepanjang Jalan Raya Kandang Roda hingga Stadion Pakansari, Cibinong senilai Rp 15 miliar ditunda dulu karena anggarannya digeser dulu untuk kepentingan yang lebih mendesak," lanjut Juanda. (Reza Zurifwan)