Longsor Lagi, Pengungsi Sukajaya Butuh Relokasi

Longsor Lagi, Pengungsi Sukajaya Butuh Relokasi
istimewa

INILAH, Sukajaya - Kampung Ciputih Lebak, Desa Jayaraharja, Sukajaya Kabupaten Bogor kembali tertimpa musibah pada Senin (11/5) sore pada saat Bumi Tegar Beriman diguyur hujan deras.

Akibat diguyur hujan deras, daerah yang masuk dalam zona merah rawan bencana alam ini pun mengalami longsor dan banjir hingga 8 rumah milik warga mengalami rusak ringan.

"8 rumah di Kampung Ciputih Lebak, Desa Jayaraharja  mengalami rusak ringan. Kampung ini kembali tertimpa bencana alam longsor dan banjir setelah sebelumnya pada Rabu (1/1) lalu jiga mengalami hal yang sama namun saat itu kondisinya lebih parah," ucap Sekretaris Camat Sukajaya Ridwan kepada wartawan, Selasa (12/5).

Ia menerangkan dengan masuk zona merah rawan bencana alam dan juga rasa khawatir masyarakat akan menjadi korban, besar harapan warga di Kampung Ciputih Lebak dan lainnya segera direlokasi.

"Warga Kampung Ciputih Lebak, Desa Jayaraharja dan lainnya memang butuh segera direlokasi dan dibangunkan hunian tetap (Huntap), untuk lahannya tinggal persetujuan PT. Perkebunan Nusantara VIII Cikasungka dan perusahaan pemegang hak garap lainnya," terangnya.

Ridwan menuturkan sambil menunggu Huntap, ribuan  pengungsi ada yang tinggal di rumah kontrakan, tenda maupun hunian sementara baik yang dibangun oleh pemerintah ataupun hasil swadaya donatur yang peduli kepada para pengungsi.

"Ribuan pengungsi saat ini banyak yang sedang dibangunkan huntara, dari 9 desa baru Desa Pasir Madang, Desa Cileuksa dan Desa Kiara Pandak yang dibangunkan huntara baik oleh Pemkab Bogor maupun swasta atau swadaya para donatur," tutur Ridwan.

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Bogor Juanda menjelaskan bahwa Bupati Bogor Ade Yasin dan Komandan Korem 061 Surya Kencana Brigjend TNI Agus Subiyanti sudah menandatangani MoU pembangunan Huntara di Kecamatan Sukajaya dan Cigudeg.

"Saat ini pembangunan 2.704 huntara di Kecamatan Sukajaya dan Cigudeg sedang dalam tahap pembangunan, pembangunan ini dikerjakan oleh personil Korem 061 Surya Kencana. Walaupun medannya berat dan lahan yang tidak rata, kami harapkan pembangunan huntara ini bisa segera selesai sementara untuk Huntap, kami menunggu perintah pembangunan dari leading sektornya," jelas Juanda. (Reza Zurifwan)