Jika Penangguhan Ditolak, Kuasa Hukum Ferdian Paleka cs Ancam Ngadu ke Komnas HAM

Jika Penangguhan Ditolak, Kuasa Hukum Ferdian Paleka cs Ancam Ngadu ke Komnas HAM
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Kuasa Hukum Ferdian Paleka cs, Rohman Hidayat resmi mengajukan permohonan penangguhan penahanan kliennya ke Polrestabes Bandung Senin (11/5/2020). Jika ditolak, kuasa hukum siap lapor ke Komnas HAM.

"Kalau memang upaya penahanan kita tidak dialihkan, kita tentu minta bantuan Komnas HAM. Tapi kalau jelas dikabulkan untuk apa kita perpanjangan masalah lagi," ucap Rohman saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (12/5/2020).

Rohman bersikukuh, kantor polisi tidak aman bagi kliennya. Pasalnya, kliennya sempat mengalami masalah perundungan oleh tahanan lain di Rutan Polrestabes Bandung.

"Kantor Polisi juga kan tidak aman buat tersangka lebih baik di bawah perlindungan orang tuanya," ungkap Rohman.

Saat disinggung dirinya memanfaatkan momen perundungan dan memperkeruh proses hukum. Rohman menegaskan, dirinya tidak bermaksud menggangu dan menghormati proses hukum yang sedang dijalani kliennya.

"Bukan untuk memperkeruh permasalahan, kita ingin silahkan proses hukum tapi tidak di Kepolisian," pungkas Rohman.

Sebelumnya, Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya mempersilahkan jika pihak keluarga atau kuasa hukum ingin mengajukan permohonan penangguhan penahanan terhadap Ferdian Paleka cs.

Namun, Ulung mengungkapkan proses penangguhan penahanan tidak mudah. Pasalnya, penyididk akan meneliti secara objektif layak atau tidaknya permohonan tersebut dikabulkan.

"Silakan saja diajukan (penangguhan penahanan). Nanti penyidik akan meneliti dari segala aspek apakah memang layak atau tidak diberikan penangguhan," ungkap Ulung, Minggu (10/5/2020). (Ridwan Abdul Malik)