Satu Pedagang Positif Covid-19, Pasar Bogor Ditutup

Satu Pedagang Positif Covid-19, Pasar Bogor Ditutup
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengumumkan satu orang pedagang Pasar Bogor positif Covid-19, Selasa (12/5/2020).

 

Di areal Pasar Bogor itu diketahui satu orang positif Covid-19 dan masuk kategori orang tanpa gejala (OTG). Itu merupakan hasil rapid test di Jalan Bata, Kecamatan Bogor Tengah yang digelar pada Senin (11/5/2020) kemarin.

Sebelum mengumumkan secara lantang, Bima Arya didampingi Direktur Utama Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Muzakkir, Kepala Satpol PP Agustian Syach dan Kepala Dishub Kota Bogor Eko Prabowo melakukan sosialisasi kepada para pedagang agar waspada dan mengikuti instruksi pemerintah.

"Tes corona sudah menunjukkan hasilnya dan ini yang dikhawatirkan ada beberapa yang dicurigai positif dan ada satu terbukti positif Covid-19. Ya itu salah satu kios disini positif Covid-19," kata Bima menggunakan pengeras suara di Pasar Bogor.

Dia menegaskan, hal ini sangat berbahaya apalagi satu orang ini masuk kategori OTG karena bisa menular kepada yang lain. Semua bisa hitung berapa orang yang pedagang ini temui selama satu hari dan apa saja yang dia sentuh.

"Karena itu mohon pengertiannya kepada semua.Ya, kalau kepada yang sehat tidak apa-apa, kalau ada yang punya penyakit bawaan akan menjadi persoalan serius," tegas Bima.

Sementara itu, Dirut Perumda PPJ Muzakkir mengatakan dengan adanya kejadian ini pihaknya melakukan langkah-langkah konkret dengan segera menutup kios tempat berdagang orang yang terdeteksi positif Covid-19. Penutupan dilakukan berbarengan dengan penyemprotan disinfektan di seluruh area Pasar Bogor.

Muzakkir melanjutkan, untuk penanganan orangnya diarahkan untuk isolasi mandiri dirumahnya sambil menunggu perkembangan dan PPJ Kota Bogor sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor karena pedagang ini merupakan warga Kabupaten Bogor.

"Selain itu kami juga langsung melakukan test swab untuk karyawan tokonya dan keluarga serta beberapa orang yang berinteraksi. Total dilakukan 20 swab test hari ini dan nanti secepatnya keluar hasilnya," tambahnya.

Muzakkir menegaskan, Pasar Bogor akan ditutup selama dua sampai tiga hari dan pihaknya secara intens akan melakukan penyemprotan disetiap lantai area Pasar Bogor.

"Kami mulai sore ini menutup pasar hingga melakukan penyemprotan oleh tim," pungkasnya. (Rizki Mauludi)