PPDB Berbasis Online Mulai Disosialisasikan ke Daerah

PPDB Berbasis Online Mulai Disosialisasikan ke Daerah
istimewa

INILAH, Bandung - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 akan dilaksanakan berbasis online. Kebijakan tersebut berlandaskan kondisi di Jabar yang masih dalam masa darurat Covid-19. 

Berbeda dengan tahun sebelumnya karena pendaftar masih harus datang ke sekolah yang dituju, untuk tahun sekarang seluruh proses harus berbasis online. Mulai dari pendaftaran hingga pengumuman.

Ketua Panitia I PPDB, Yesa Sarwedi mengatakan pihaknya telah berkomunikasi dengan satuan pendidikan (SMP/MTs.) melalui Dinas Pendidikan kabupaten/kota agar seluruh informasi bisa sampai langsung ke calon peserta didik dan orang tua.

"Kita kerahkan kantor cabang dinas juga agar komunikasi dapat terjalin dengan baik," ucap Yesa, Rabu (13/5/2020).

Sekretaris II PPDB, Edy Purwanto menjelaskan, pengoptimalan sistem PPDB dimulai dari sekolah asal.
Mulai besok, sekolah asal diberikan akun. Akun tersebut nantinya diberikan kepada calon peserta didik.

"Kami sudah siapkan semuanya. Calon peserta didik memiliki dua opsi untuk proses PPDB 2020, yakni dilakukan secara mandiri atau dengan bantuan sekolah asal," ucapnya.

Edy pun mendorong calon peserta didik dan orang tua untuk mengoptimalkan komunikasi dengan pihak sekolah. "Komunikasi bisa terjalin lebih baik dengan wali kelas, misalnya bisa lebih mudah berkonsultasi dalam menentukan jalur," pungkasnya. (Okky Adiana).