PT LIB Akan Gelar RUPS, Ini Harapan Persib Bandung

PT LIB Akan Gelar RUPS, Ini Harapan Persib Bandung
Komisaris PT PBB Umuh Muchtar.

INILAH, Bandung - PSSI akhirnya meminta kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Tepatnya pada 18 Mei mendatang.

Keputusan itu dikeluarkan PSSI usai menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) pada Selasa (12/5/2020) malam. Rapat digelar secara virtual yang dipimpin Ketua Umum Mochamad Iriawan berlangsung selama dua jam sejak pukul 21.00 hingga 23.00 WIB.

Pasalnya permintaan RUPSLB ini berasal dari seluruh klub peserta Liga. Sebagai 99 persen pemilik saham, mereka ingin mempertanyakan soal kejelasan kompetisi, subsidi klub dan pembenahan kepemimpinan LIB yang dinilai kisruh dan penuh kontroversi menyusul nepotisme dan rangkap jabatan.

Menanggapi hal itu, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar akhirnya lega. Sebab RUPSLB ini merupakan keinginan seluruh klub termasuk Persib Bandung. 

"RUPS ini harus meyakinkan dan menjelaskan kepada klub. Seperti pemasukan berapa, pengeluaran berapa. Nanti uang itu kemana-mananya, klub harus tahu," kata Umuh saat dihubungi, Rabu (13/5/2020). 

Umuh mengatakan sangat wajar para klub meminta RUPS Luar Biasa ini. Sebab klub merupakan 99 persen pemilik saham dari PT LIB. Sementara satu persen sisanya, milik PSSI. 

"Jadi PT LIB harus ada keterbukaan karena ini hak pemegang saham. Uang masuk dari sponsor mana, terus dipakai apa, rinciannya harus jelas, harus profesional itu syarat utamanya," tegasnya. 

Tak hanya soal finansial, Umuh juga meminta kejelasan soal nasib Liga 1 2020. Sebab masa tunda yang telah diputuskan akibat pandemi virus Corona (Covid-19) akan segera berakhir pada 29 Mei mendatang. 

"Mudah-mudahan hasil RUPS nanti bisa diterima semua klub," harapnya.(Muhammad Ginanjar)