Tinjau Longsor Bukit Pawaja, Ini Langkah Ade Yasin

Tinjau Longsor Bukit Pawaja, Ini Langkah Ade Yasin

INILAH, Leuwisadeng – Bupati Bogor Ade Yasin langsung meninjau lokasi bencana alam tanah longsor Bukit Pawaja di Desa Wangun Jaya, Leuwisadeng. Dia berjanji, mengkaji dugaan penyebab bencana alam ini.

Ade Yasin mengatakan jajarannya akan mengecek lokasi objek wisata Bukit Pawaja. Sebelumnya, muncul dugaan, bencana disebabkan penggundulan bukit yang dilakukan untuk menghadirkan destinasi wisata di lokasi tersebut.

Selain itu, Ade Yasin yang ditemui wartawan saat meninjau lokasi bencana mengatakan untuk penanganan, ia meminta Bukit Pawaja ditanami tumbuhan vetiver.

“Penanaman tumbuhan vetiver ini untuk mencegah bencana alam tanah longsor atau banjir bandang susulan. Untuk penyebab bencana alam ini akan kami selidiki sedangkan rencana relokasi warga akan dikaji terlebih dahulu,” kata Ade.

Ketua DPW PPP Jawa Barat ini melanjutkan kepada 16 kepala keluarga yang terdampak bencana alam tanah longsor dan banjir bandang akan mendapatkan bantuan sosial.

“Untuk 16 kepala keluarga yang menjadi korban bencana alam ini sementara mengungsi di rumah keluarganya, tahap pertama ini kami akan memberikan bantuan sosial berupa sembako, selimut dan lainnya,” lanjutnya. 

Longsor sendiri terjadi setelah hujan deras selama 10 jam di wilayah Bumi Tegar Beriman mendera kawasan Bukit Pawaja, Desa Wangun Jaya, Leuwisadeng.  Akibatnya 14 rumah di Kampung Seruduk dan Kampung Curug, RT 01 RW 06 Desa Wangun Jaya, mengalami rusak berat, 1 orang meninggal dunia, 2 unit kendaraan roda dua dan 1 unit kendaraan roda empat mengalami kerusakan.

“Mulai dari Selasa sore hingga Rabu dini hari terjadi hujan deras yang membuat Bukit Pawaja, Desa Wangun Jaya, Leuwisadeng mengalami tanah longsor dan juga banjir bandang, 14 rumah mengalami rusak berat, 1 orang meninggal dunia, 2 unit kendaraan roda dua dan 1 unit kendaraan roda empat mengalami kerusakan," ujar Yudi Adam. (reza zurifwan)