Hingga Mei 2020, Terjadi 63 Kebakaran di Kota Bandung

Hingga Mei 2020, Terjadi 63 Kebakaran di Kota Bandung
Sekretaris Diskar PB Kota Bandung Rachmat Hidayat. (yogo triastopo)

INILAH, Bandung - Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung mencatat, selama Januari sampai Mei 2020 telah terjadi kebakaran sebanyak 63 kejadian. Sedangkan selama Ramadan 1441 H ini terjadi sebanyak tujuh kasus kebakaran.

Sekretaris Diskar PB Kota Bandung Rachmat Hidayat mengungkapkan, pada Januari terjadi 17 kasus, Februari sembilan kasus, Maret 20 kasus, dan April sebanyak 13 kasus. "Sedangkan Mei empat kejadian. Jadi total 63 kejadian,” kata Rachmat di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung pada Rabu (13/5/2020).

Selama Ramadan ini, dituturkan dia telah terjadi tujuh kejadian kebakaran yang didominasi di Kecamatan Babakan Ciparay yang disinyalir karena kawasan padat penduduk.

Menurut dia, kebakaran itu prinsipnya kelalaian manusia. Mulai dari permasalahan gas seperti bocor dan tabung regulator. Juga kabel yang kurang bagus atau tidak standar. “Arus pendek karena kabel tak standar. Gas yaitu tabung regulator yang mustinya digunakan sekian kali sesuai standar, tapi terus dipakai tidak terkendali sehingga menimbulkan kebakaran,” ucapnya.

Sementara itu, untuk wilayah yang tidak terjadi kebakaran sebanyak tujuh wilayah di antaranya, Kecamatan Sukajadi, Cibeunying Kaler, Antapani, Cibiru, Bandung Kidul, Penyileukan, dan Kecamatan Gedebage. “Kita apresiasi wilayah yang zero accident ini. Warga bisa lebih disiplin menggunakan alat listrik maupun alat rumah tangga lainnya seperti gas dan sebagainya,” ujar dia. (yogo triastopo)