Sudah P21, Kasus Tiga Tersangka Sunda Empire Dilimpahkan ke Kejati Jabar

Sudah P21, Kasus Tiga Tersangka Sunda Empire Dilimpahkan ke Kejati Jabar

INILAH, Bandung - Tiga tersangka kasus hoaks Sunda Empire telah diserahkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat. Artinya, kasus tersebut telah dinyatakan P21 atau lengkap oleh Polda Jabar.

Hal itu disampaikan, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga, saat dihubungi melalui pesan singkat, Rabu (13/5/2020).

"Iya pelimpahan sudah dilakukan ke Kejati Jabar," ucap Erlangga.

Erlangga mengungkapkan, ketiga tersangka yaitu Nasri Bank yang mengaku sebagai Perdana Menteri, Raden Ratna Ningrum sebagai Kaisar, dan Ki Agung Raden Rangga Sasana sebagai Sekretaris Jenderal Sunda Empire.

"Tersangka berikut barang buktinya sudah dilimpahkan juga ke jaksa penuntut umum pada tanggal 20 dan 21 April 2020," ungkap Erlangga.

Terpisah, Kasipenkum Kejati Jabar Abdul Muis Ali membenarkan hal tersebut. Menurutnya, memang kasus tersebut telah dilimpahkan dari Polda Jabar. Meski begitu, hingga saat ini kasus tersebut belum disidangkan.

"Untuk perkara Sunda Empire pelimpahan dari Polda Jabar sudah kita terima. Namun belum dilimpahkan ke pengadilan," ungkap Abdul melalui pesan singkat.

Abdul menjelaskan, kondisi mewabahnya virus corona atau Covid-19 menjadi satu diantara kendala dilimpahkannya kasus tersebut ke Pengadilan Negeri Bandung. Pasalnya, saat ini juga Pengadilan Negeri Bandung sedang menggelar banyak persidangan melalui daring.

"Berdasarkan hasil koordinasi dengan ketua PN (Pengadilan Negeri Bandung) mengingat situasi wabah Corona, maka masa penahanan para tersangka dioptimalkan dulu sampai batas yang telah ditentukan oleh Undang-undang," ungkap Abdul.

Kendati demikian, Abdul memastikan pihaknya telah melakukan persiapan untuk mengadili ketiga tersangka Sunda Empire. Diantaranya, delapan orang jaksa sudah disiapkan.

"Penunjukan jaksa dari Kejati ada enam orang dan dari Kejari ada dua orang untuk menyidangkan perkara tersebut," pungkas Abdul. (Ridwan Abdul Malik)