Transformer Beri Bantuan Menu Berbuka untuk Petugas PSBB

Transformer Beri Bantuan Menu Berbuka untuk Petugas PSBB
Ilustrasi (agus sn)

INILAH, Bandung - Sebuah robot Transformer biru berukuran besar menjadi pusat perhatian warga di sekitar Sekretariat KNPI Jabar Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Selasa (12/5/2020). Kehadiran robot ini pun menarik perhatian para pengendara yang melintas di Kawasan tersebut.

Terlebih robot tersebut melakukan pelepasan mobil yang mengangkut makanan dan minuman untuk petugas cek poin di Bandung Raya. ‘Kebaikan’ robot tersebut pun mendapat apresiasi dari masyarakat.

“Robot aja mau berbagi di masa sulit, khususnya memperhatikan petugas yang berjaga di check point. Masa kita gak ikut berbagi,” kata Widhia (27), warga Margahayu yang sedang melintas di depan Sekretariat KNPI Jabar.

Ketua KNPI Jabar Rio F Wilantara mengatakan, robot Transformer ini dihadirkan untuk menarik perhatian warga karena KNPI membuka dapur umum. Mulai Selasa (13/5/2020), KNPI Jabar membuka Posko Dapur Umum yang menyediakan makanan minuman untuk berbuka puasa.

“Kami kerja sama dengan komunitas film yang punya properti robot ini. Jadi kita pancing supaya publik mau datang ke KNPI. Robot ini awalnya dipakai untuk sosialisasi pandemi. Sekarang dipake KNPI untuk sosialisasi Posko Dapur Umum,” ujarnya.

Sebagai langkah awal, kata Rio, robot Transformer ini melepas mobil yang mengangkut makanan minuman untuk dibagikan kepada petugas cek poin di Bandung Raya. Setiap hari, Posko Dapur Umum KNPI Jabar menyediakan sekitar 200 boks nasi dan minuman, serta takjil untuk berbuka puasa.

“Dapur umum ini dibuka sejak Selasa, sistemnya beli ke UKM warung nasi di seputar Bandung. Upaya ini sekaligus menghidupkan ekonomi UKM yang terdampak pandemi Covid-19. Posko Dapur Umum ini dibuka sampai Lebaran. Masyarakat umum bisa akses dan menikmatinya,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Rio mengatakan, KNPI Jabar Bersama Gema MKGR meluncurkan sekolah pemuda untuk pendampingan anak putus atau belum sekolah dari keluarga terdampak Covid-19.

“Anak-anak ini sekolah gratis selama Covid-19. Kita siapkan mereka sampai ikut paket kesetaraan sekolah. Dia nanti ikut ujian paket,” jelasnya. (agus sn)