Bantu Gugus Tugas, Diskar Geser ke Stasiun dan Bandara

Bantu Gugus Tugas, Diskar Geser ke Stasiun dan Bandara

INILAH, Bandung - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung siap membantu pelayanan di Stasiun Bandung dan Bandara Husein Sastranegara. Hal itu menyusul telah kembali beroperasinya kereta api dan sejumlah penerbangan dari dan ke Kota Bandung.

"Kita siap untuk membantu dan mendukung operasional Gugus Tugas Covid-19 di sana. Di antaranya membantu satgas PT KAI dalam pelayanan kereta api luar biasa (KLB). Juga membantu satgas Angkasa Pura II Husein Sastranegara. Saat ini, untuk udara (Bandara) pembentukan satgasnya belum. Namun kita di gugus tugas kota sediakan cek poin di bandara dan stasiun," kata Sekretaris Diskar PB Kota Bandung Rachmat Hidayat.

Menurut dia, untuk di Stadioun Bandung terdapat satu keberangkatan kereta api yaitu KA Luar Biasa Bandung - Surabaya. Kereta tersebut berangkat pukul 06.15 WIB. Sedangkan kedatangan KLB Surabaya-Bandung pada pukul 18.00 WIB. 

"Itu sampai 30 Mei 2020. Untuk lokal sementara ini tidak beroperasi,” ucapnya.

Dia menuturkan, Diskar PB Kota Bandung memang memiliki sejumlah tugas dan fungsi di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung. Di antaranya menyosialiasikan dan mengedukasi masyarakat tentang pencegahan penyebaran pandemi Covid-19.

“Kita berikan penjelasan kepada masyarakat mengenai pencegahan Covid-19 ini. Warga diimbau seperti melakukan protokol kesehatan, mencuci tangan dan membersihkan diri ketika sudah bepergian,” ujar dia.

Sosialisasi lainnya, dikatakan dia bahwa Diskar PB Kota Bandung juga menyebarkan pamflet. Termasuk memberikan bibit desinfektan dari Dinas Kesehatan Kota Bandung kepada warga Bandung oleh Satwankar PB. 

“Ada juga penyemprotan desinfektan di jalan protokol dan ruang publik di sejumlah kawasan kota Bandung baik oleh tim Disakar PB maupun oleh 4 UPT di wilayah Kota Bandung. UPT tersebut di antaranya, UPT jalan Sindang Sirna, Kecamatan Andir, belakang gedung DPKP3 Caringin, juga di Aria Graha,” tandasnya. (yogo triastopo)