Dinkes Kota Bandung Gelar Swab Test di Sejumlah Titik Cek Poin PSBB

Dinkes Kota Bandung Gelar Swab Test di Sejumlah Titik Cek Poin PSBB
Foto: Ridwan Abdul Malik

INILAH,Bandung - Dinas Kesehatan Kota Bandung kembali melakukan swab tes untuk melacak penyebaran virus corona atau Covid-19. Kali ini, swab tes dilakukan di sejumlah titik cek poin PSBB.

Petugas Surveillance Dinkes Kota Bandung, Asep Hariri menyebutkan, swab tes kali ini dilakukan di sejumlah titik. Diantaranya, exit tol Pasteur, Jalan Dipenogoro, dan Bunderan Cibiru. Kemudian, di exit tol Pasirkoja, exit Buahbatu, exit Moh.Toha, dan exit tol Kopo.

"Rencananya ada 9 titik hari pengecekan tes swab," ucap Asep, saat ditemui di pintu tol Pasteur, Kota Bandung, Kamis (14/5/2020).

Asep mengungkapkan, tes swab kali ini lebih fokus mencari orang-orang yang positif terinfeksi Covid-19, namun tanpa gejala atau kerap orang tanpa gejala (OTG). Pasalnya, OTG dapat berpotensi untuk melakukan penularan virus corona atau Covid-19.

"Tujuannya untuk mencari skrining, apakah ada otg yang tidak yang belum diketahui statuanya, karena OTG ini tidak positif atau tidak tanpa dilakukan pemeriksaan dan sangat beresiko untuk menularkan orang banyak," ungkap Asep.

Untuk di lokasi tes swab di exit tol Pasteur, Asep mengatakan sasarannya pengetesannya, meliputi petugas cek poin penyekatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan para pengendara yang melintasi exit tol Pasteur.

"Pokoknya target kita untuk hari ini ada 200 orang. Setiap titik kita maksimalkan 30 menit untuk melakukan tes. Beberapa diantaranya petugas pos, juga ada masyarakat pengguna jalan dan masyarakat di sekitar pos, yang ikut dalam pengecekan tersebut," pungkasnya. (Ridwan Abdul Malik)