Begini Cara Luizinho Passos Tentukan Kiper Utama Persib

Begini Cara Luizinho Passos Tentukan Kiper Utama Persib
Dok Inilahkoran

INILAH, Bandung - Pelatih Kiper Persib Bandung, Luizinho Passos mengaku memiliki cara tersendiri dalam menentukan kiper yang pantas untuk turun dalam sebuah pertandingan. Terutama di kompetisi. 

Menurutnya, kiper yang pantas untuk dipercaya bermain adalah kiper yang memiliki fisik dan teknik yang siap. Dua aspek itu merupakan poin penting bagi kiper untuk bisa bermain. 

"Saya pikir yang paling penting tentu saja fisik dan teknik," beber Passos saat dihubungi.

Pantas saja, selama memberikan pelatihan, pelatih asal Brasil ini kerap menggenjot fisik para kipernya. Mulai dari I Made Wirawan, Teja Paku Alam hingga Dhika Bayangkara. 

Ketiganya tak jarang memperlihatkan kelelahan lantaran metode latihan yang diberikan sangat menguras energi. Bahkan metode ini tetap berlanjut meski tim diliburkan akibat pandemi virus Corona (Covid-19). 

Untuk mengasah teknik, Passos pun memaksimalkannya dengan aplikasi daring Homecourt. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk latihan bagi pemain basket. Namun bagi Passos, aplikasi itu bisa digunakan untuk tetap menjaga maupun melatih konsentrasi para kiper.

Selain fisik dan teknik, Passos menilai aspek untuk mempercayakan kiper bermain adalah mental. Ini merupakan aspek paling penting. 

"Ketika memiliki mental yang kuat, ada kemungkinan kiper akan bermain bagus dalam satu pertandingan," tegasnya. 

Sejauh ini, Passos baru mempercayakan dua kipernya di tiga laga yang telah dijalani timnya di Liga 1 2020. Mereka adalah Teja Paku Alam dan I Made Wirawan. 

Teja dipercaya bermain di dua laga awal melawan Persela Lamongan dan Arema FC. Sementara I Made Wirawan dipercaya di laga ketiga saat melawan PSS Sleman.(Muhammad Ginanjar)