Kemenag Kota Bandung Imbau Warga Salat Ied di Rumah

Kemenag Kota Bandung Imbau Warga Salat Ied di Rumah
ilustrasi/bambang prasethyo

INILAH, Bandung - Kementerian Agama Kota Bandung mengimbau warga untuk melaksanakan ibadah sholat ied dirumah masing-masing. Hal itu mengacu pasa arahan pemerintah pusat terkait pelaksanaan sholat ied.

Humas Kementerian Agama Kota Bandung Agus Saparudin, mengatakan imbauan tersebut merupakan langkah pencegahan dari Kementrian Agama untuk menekan angka sebaran pandemi virus corona atau Covid-19 di Kota Bandung.

"Kita mengimbau masyarakat agar melaksanakan salat id di rumah, jadi tidak melaksanakan salat id di lapangan atau di masjid. Tidak berubah," ucap Agus saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (15/5/2020).

Lebih lanjut, Agus mengungkapkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung terkait himbauan tersebut. Hal ini dilakukan agar tidak ada perbedaan pendapat baik dari MUI maupun Kemenag terkait pelaksanaan sholat ied.

"Jadi apa yang disampaikan oleh Kemenag dan MUI itu sama, jadi Kemenag mengimbau kepada masyarakat agar salat id di rumah," ungkap Agus.

Saat disinggung jika ada yang membandel melaksanakan sholat ied di tanah lapang. Agus menambahkan, hal tersebut merupakan tanggung jawab dari aparat kewilayahan. Pasalnya, Kemenag hanya dapat melakukan imbauan namun tidak dapat mengontrol secara penuh pelaksanan sholat ied.

"Kalau terkait di lapangan ada yang memaksakan untuk itu kan sulit juga untuk kita mengontrol ya, nah itu kita serahkan sepenuhnya ke aparat setempat lah," pungkas Agus. (Ridwan Abdul Malik)