Hari Ini, Habib Bahar Bebas, Tinggalkan Lapas Pondok Rajeg

Hari Ini, Habib Bahar Bebas, Tinggalkan Lapas Pondok Rajeg

INILAH, Bandung - Habib Bahar bin Smith dipastikan menghirup udara bebas hari ini. Dia mendapatkan program asimilasi dari pemerintah.

Kuasa Hukum Habib Bahar bin Smith, Guntur Fattahillah, membenarkan hal tersebut. Menurutnya, hari ini Habib Bahar akan dijemput di Lapas.

"Memang benar ada rencana untuk menjemput (Bahar bin Smith) hari ini. Saya sudah dapat informasinya," ucap Guntur saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (16/5/2020).

Sebelumnya, dia divonis selama tiga tahun oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bandung pada 13 Juli 2019 lalu di Lapas Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Guntur menejaskan, Habib Bahar bebas lebih cepat dari waktu yang seharusnya. Pasalnya, Dia mendapatkan program asimilasi dari Pemerintah.

“Jadi kita tidak memanfaatkan program ini. Tapi karena pemerintah memfasilitasi,” ungkap Guntur.

Perlu diketahui sebelumnya, Habib Bahar bin Smith terbukti bersalah atas perbuatannya menganiaya dua remaja Cahya Abdul Jabar dan Muhammad Khoerul Aumam Al Mudzaqi alias Zaki. Atas perbuatannya Habib Bahar bin Smith divonis kurungan penjara tiga tahun pada persidangan yang digelar Pengadilan Negeri (PN) Bandung, di Gedung Perpustakaan dan Arsip, Kota Bandung, Jalan Seram, Selasa, (9/7).

Selain divonis tiga tahun penjara, Majelis Hakim juga memvonis Habib Bahar bin Smith dengan hukuman denda 50 juta rupiah subsidair 1 bulan kurungan penjara.

Namun, vonis tersebut jauh lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), yang menuntut Habib Bahar bin Smit, hukuman 6 tahun penjara serta denda 50 juta subsidair 3 bulan kurungan penjara.

Dalam perkara penganiayaan itu, Bahar tak sendiri. Ada dua orang muridnya yakni Agil Yahya alias habib Agil dan Basit Iskandar alias habib Basit. Keduanya pun sudah divonis atas kasus tersebut. (Ridwan Abdul Malik)