Pekan Ramadan Dilaksanakan di Tengah Pandemi

Pekan Ramadan Dilaksanakan di Tengah Pandemi
Pekan Ramadan, Gerakan Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (okky adiana)

INILAH, Bandung - Pekan Ramadan tahun lalu, anggota Gerakan Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar kegiatan Bakti Masyarakat dengan ragam kegiatan di dalamnya. Tidak hanya itu, mereka juga melakukan galang dana untuk dibagikan kepada anak yatim dan dhuafa.

Kemeriahan Pekan Ramadan tahun ini jauh berbeda dari biasanya. Pasalnya, suasana Ramadan berlangsung di tengah pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh dunia. Meski demikian, kegiatan Pekan Ramadan tetap dilaksanakan.

Tahun ini Pekan Ramadan menyelenggarakan kegiatan Gerakan Donasi Rp10.000 dan Program Masyarakat Aman Pangan. Kegiatan ini ditujukan untuk membantu masyarakat Kota Bandung yang terdampak wabah Covid-19.

“Kami akan menyalurkan bantuan pada warga di wilayah Kecamatan Cibiru, Kecamatan Panyileukan, Kecamatan Gedebage, dan mahasiswa UIN Bandung yang tidak bisa mudik," ujar Ketua Pelaksana Pekan Ramadan 2020 Siti Mimbi Salmani, belum lama ini.

Dia mengatakan donasi ini tidak hanya diikuti oleh anggota Gerakan Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung saja, melainkan terbuka untuk umum. Adapun batas pengumpulannya yakni 16 Mei 2020.

“Kunjungi web dengan alamat https://bandung.indonesiadermawan.id/pramukauinbandung lalu klik “Donasi Sekarang”, maka langsung ada panduan tatacara berdonasi. Bisa melalui M-banking, transfer ATM, Gopay, dan Ovo. Kakak bisa berdonasi minimal Rp10.000, jika sudah selesai, maka akan mendapat email otomatis dari Aksi Cepat Tanggap,” tuturnya.

Dalam melangsungkan penyaluran donasi sebanyak 1.000 paket pangan ini, anggota Gerakan Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung bekerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Selain kegiatan Gerakan Donasi Rp10.000 dan Program Masyarakat Aman Pangan, Pekan Ramadan kali ini juga menyajikan tausiyah dan nasyid. Video tausiyah dapat disaksikan melalui channel youtube Pramuka UIN Bandung. (okky adiana)