Mendag Ikut Operasi Pasar Gula Pasir di Pasar Bogor

Mendag Ikut Operasi Pasar Gula Pasir di Pasar Bogor
Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto turun langsung dalam operasi pasar gula pasir di sekitar Pasar Baru Bogor, Jalan Roda, Kota Bogor, Minggu (17/5/2020) siang WIB.

INILAH, Bogor - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto turun langsung dalam operasi pasar gula pasir di sekitar Pasar Baru Bogor, Jalan Roda, Kota Bogor, Minggu (17/5/2020) siang. Langkah tersebut dilakukan Mendag guna merespon harga gula pasir yang melambung di pasaran.

Pantauan di lapangan, Mendag turut didampingi Satgas Pangan dan Wali Kota Bogor, Bima Arya. Dalam operasi pasar ini juga masyarakat dapat membeli gula pasir seharga Rp12.500 per kilogram dengan pembelian maksimal dua kilogram. Sementara itu harga dipasaran berkisar antara Rp18.500 hingga Rp22 ribu.

Selain gula pasir, Mendag juga memantau harga kebutuhan pokok lainnya yang ada di Pasar Baru Bogor, bersama Bima Arya dan beberapa Dirjen dibawah naungannya, Mendag berinteraksi dengan pedagang tapi tetep mematuhi protokol kesehatan disaat pendemi Covid-19 ini.

"Untuk di pasar ini kami akan mendrop 12 ton (gula pasir-red) per hari, bekerjasama dengan Rose Brand, sehingga konsumen juga akan terbantu dan harga akan lebih turun lagi seperti biasanya," ungkap Agus dihadapan wartawan.

Di tempat yang sama, Bima Arya seusai mengecek harga kebutuhan pokok di pasar bersama rombongan berharap betul setelah adanya operasi pasar ini bisa menstabilkan harga khususnya gula pasir. 

"Insya Allah, turunnya kementerian dengan operasi pasar ini harga yang tadinya agak tinggi sekarang bisa dinormalkan kembali, dan mudah-mudahan masa sulit ini cepat selesai dan PSBB tahap tiga segera selesai agar situasi kembali normal dan roda ekonomi menggeliat kembali," tandas Bima.

Sementara itu, salah satu warga Dani Pramono yang mengatakan, dirinya merasa terbantu dengan adanya operasi pasar gula pasir, terlebih selain harganya naik, gula pasir mulai menjadi barang langka dipasaran.

"Tadi saya beli satu kilogram Rp12.500, jadi saya beli jumlah maksimal nya yaitu dua kilo. Saya sangat terbantu mas, diwarunh saja sudah mencapai Rp18.500 sekarang. Apalagi saya sekarang sepi orderan tapi tetep butuh gula pasir juga kebutuhan pokok lainnya," tutur Dani kepada wartawan.

Warga lainnya, Rahayu mengatakan, harga gula pasir bisa tembus Rp22 ribu, dirinya yang kebetulan belanja sayur-sayuran di Pasar Baru Bogor, mendapatkan informasi dari petugas Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor bahwa ada operasi pasar gula pasir.

"Saya tadi cari eh ada antrean panjang, jadi saya ikut beli karena harganya murah. Ini saya antre orangnya sedikit karena lagi pendemi Covid-19 yah, jadi cukup panjang," pungkasnya. (Rizki Mauludi)