Sebut Kinerja Wasit Membaik, Umuh Singgung Nama Iwan Bule

Sebut Kinerja Wasit Membaik, Umuh Singgung Nama Iwan Bule

INILAH, Bandung – Saat jadi manajer Persib, Umuh Muchtar terkenal kerap mengkritik kepemimpinan wasit. Tapi, kini tidak lagi. Nama Iwan Bule pun disebut-sebut.

Umuh Muchtar, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) itu menilai saat ini sepak bola Indonesia sudah mengalami perubahan. Terutama soal kinerja wasit yang tak lagi memberikan keuntungan pada satu tim saat memimpin pertandingan. 

“Saya memuji kinerja wasit sudah disiplin dan tidak keliru. Kalau wasit bagus, berjalan dengan baik, semua, siapapun klub pasti bisa menerima,” katanya ketika dihubungi di Bandung, Minggu (17/5/2020).

Pernyataan ini, lanjutnya bukan berarti kedekatannya dengan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Menurutnya sepak bola Indonesia sudah jauh lebih baik. 

“Jangan dikatakan karena Umuh Muchtar dekat dengan Ketua PSSI karena orang Jawa Barat. Saya tidak mengharapkan kekeliruan. Saya tidak mengharapkan sama sekali dibantu Ketua PSSI supaya diatur wasitnya. Saya ingin (Persib) juara murni tanpa dihujat,” katanya.

Selama ini, Umuh Muchtar diketahui sering mengkritisi kinerja wasit. Tahun lalu, dia mendapat sanksi dari Komisi Disiplin PSSI berupa percobaan larangan masuk stadion selama tiga bulan. Dia dinilai Komdis berkata tak pantas terhadap wasit yang memimpin pertandingan saat Persib kalah dari Bali United 0-2 di Stadion si Jalak Harupat. (muhammad ginanjar)