Yena Iskandar Masoem Calon Tunggal PDIP di Pilkada Kabupaten Bandung

Yena Iskandar Masoem Calon Tunggal PDIP di Pilkada Kabupaten Bandung
Foto: Dani R Nugraha

INILAH,Bandung- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Bandung mengajukan nama Yena Iskandar Masoem sebagai calon tunggal pada Pilkada Kabupaten Bandung 2020.

Nama Yena semakin mengerucut setelah Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jabar mengumumkan nama nama bakal calon kepala daerah di delapan daerah yang akan menggelar Pilkada serentak pada 2020 ini.

Sekertaris DPC PDIP Kabupaten Bandung, Hen Hen Asep Suhendar mengatakan, pada 14 Mei lalu jajaranya telah menggelar rapat internal pengurus hingga ke tingkat ranting. Dalam rapat tersebut, menghasilkan keputusan jika DPC PDIP Kabupaten Bandung mengusulkan Yena Iskandar Masoem sebagai calon tunggal dari partai berlambang banteng moncong putih itu. Keputusan ini didasarkan pada hasil survei, kesiapan yang bersangkutan baik pribadi, kesiapan tim dan juga termasuk kesiapan logistik.

"Sudah kami usulkan calon tunggal ke DPD PDIP Jabar dan DPD Jabar juga sudah ok dan mendukungnya. Kami usulkan calon tunggal ini karena beliau sudah siap, dari hasil surveinya bagus, kesiapan tim, kesiapan logsitiknya sudah bagus. Dan beliau juga sampai saat ini terus bergerak yah turun ke masyarakat," kata Hen Hen, Minggu (17/5/2020).

Dikatakan Hen Hen, setelah diusulkan oleh DPC dan DPD, saat ini tinggal menunggu keputusan dari DPP. Kata dia, jika melihat semua proses pencalonan dan dukungan dari DPC dan DPD, pihaknya merasa optimistis jika rekomendasi dari DPP pun akan jatuh pada Yena Iskandar Masoem. Karena selain diajukan sebagai calon tunggal, Yena dan timnya pun selama ini menunjukan keseriusannya untuk mencalonkan diri pada kontestasi Pilkada Kab Bandung 2020.

"Memang DPP belum ada keputusan siapa yang nantinnya akan dicalonkan. Karena katanya masih mengunggu usulan dari beberapa daerah lainnya. Tapi nama Yena Iskandar Masoem ini suda mengerucut yah, mulai dari DPC hingga DPD dan DPP juga kelihatannya sudah ok," ujarnya.

Hen Hen melanjutkan, selain mengajukan calon tunggal, pihaknya juga saat ini terus membangun komunikasi dengan beberapa partai selain Partai Amanat Nasional (PAN) yang telah lebih dulu mendeklarasikan diri untuk berkoalisi dengan PDIP. Tujuannya tentu untuk memenangkan Pilkada Kabupaten Bandung 2020. 

"Selain dengan PAN, kami juga terus berkomunikasi dengan beberapa partai lain. Komunikasi ini sebenarnya sudah jauh jauh hari, cuma terhenti sejenak karena adanya Covid-19, dan sekarang kami mulai intensif lagi komunikasinya. Komunikasi dengan partai lain yang siap berkoalisi ini salah satunya menyangkut nama untuk calon wakil bupati mendampingi Yena Iskandar Masoem. Nanti kalau sudah ada nama yang disepakati oleh semua partai mitra koalisi, baru akan kami ajukan ke DPP nama calom bupati dan wakil bupati," katanya.

Seperti diketahui, PDI Perjuangan resmi menunjuk jagoannya di delapan pilkada Jawa Barat. Meski Pilkada tertunda karena Covid-19, PDIP Jabar tetap mengumumkan nama-nama yang akan bertarung di kontestasi yang seharusnya akan digelar September nanti.
Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Mochtar Mohamad mengatakan, meski di tengah pandemi covid-19, PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat tetap melakukan konsolidasi terkait pilkada serentak 2020.

Berikut hasil penjaringan dari 8 Kota kabupaten yang menyelanggarakan pilkada, sebagai berikut :

1. Kabupaten Pangandaran

Calon Bupati yaitu H. Jeje Wiradinata (PDI Perjuangan)

Calon Wakil Bupati yaitu H. Ujang Endin (PDI Perjuangan)

2. Kabupaten Tasikmalaya

Calon Bupati yaitu H. Ade Sugianto (PDI Perjuangan)

Calon Wakil Bupati H. Cecep Nurul Yakin (PPP)

3. Kabupaten Cianjur

Calon Bupati yaitu H. Herman Suherman, ST (PDI Perjuangan)

Calon Wakil Bupati yaitu H. TB Mulyana (Golkar)

4. Kota Depok

Calon Walikota yaitu Pradi Supriatna (Gerindra)

Calon Wakil Walikota yaitu Hj. Afifah Alia, ST (PDI Perjuangan)

5. Kabupaten Karawang

Calon Bupati yaitu dr. Yesi Karya Lianti, MARS (PDI Perjuangan)

Calon Wakil Bupati yaitu Firlie Hanggodo Ganinduto (Golkar)

6. Kabupaten Bandung

Calon Bupati yaitu Hj. Yena Iskandar Ma’soem (PDI Perjuangan)

7. Kabupaten Indramayu

Calon Bupati yaitu Hj. Nina Agustina Da’I Bachtiar (PDI Perjuangan)

8. Kabupaten Sukabumi

Calon Bupati atau wakil Bupati PDI Perjuangan yaitu :

a. H. Sofyan Effendi

b. H. Sirojudin

"Dari delapan Kota dan Kabupaten, DPD PDI Perjuangan Jawa Barat optimis mendomaniasi kemenanangan pilkada di Jawa Barat. Dari 8 daerah pilkada Jawa Barat, PDI Perjuangan kembali mengusung 4 incumbent kepala daerah/ wakil kepada daerah," jelas Mochtar dalam keterangan resmi yang dikeluarkan pada Jumat (15/5/2020).

Pemenangan pilkada di delapan kota/kabupaten Jawa Barat didampingi langsung oleh Badan Pemenangan Pemilu (BP Pemilu) DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat.

Dalam persiapan untuk memenangkan pilkada ini, DPD PDI Perjuangan Jawa Barat hampir merampungkan konsolidasi organisasi Pengurus Anak Ranting tingkat RW, Pengurus Ranting tingkat Desa/ Kelurahan, Pengurus Anak Cabang (PAC) tingkat kecamatan, BP Pemilu tingkat Kota/Kabupaten, dan BSPN tingkat Kota/Kabupaten.(rd dani r nugraha).