Skenario Penyelamatan La Liga: Kickoff Jam 11 Malam

Skenario Penyelamatan La Liga: Kickoff Jam 11 Malam

INILAH, Madrid - Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) dan La Liga mencapai kesepakatan bagaimana menuntaskan kompetisi. Bakal ada pertandingan yang digelar pukul 11 tengah malam.

RFEF dan La Liga sudah menyingkirkan perbedaan mereka masing-masing dan mencapai kesepakatan soal bagaimana kompetisi domestik musim ini bisa dituntaskan. Petinggi kedua lembaga, Luis Rubiales dan Javier Tebas, mengapliskan pasal 5 dari Code of Good Conduct yang mereka tanda tangani bersama Presiden KONI Spanyol, Irene Lozano, sebagai saksi. Kesepatan itu menyangkut jadwal pertandingan dan jadwal kickoff yang sudah diatur hingga musim kompetisi ini selesai.

Kompetisi di Spanyol akan kembali berlangsung pada Juni dengan poertandingan dimainkan setiap hari dalam sepekan, termasuk pada Senin. Aturan itu juga menyebutkan tak ada klub yang diperbolehkan main dua kali dalam selisih waktu 72 jam. Atau, satu klub memiliki rentang waktu tiga hari antara satu pertandingan ke pertandingan lainnya.

Berapa banyak pertandingan digelar (dalam sehari) dan bagaimana pula jadwal kickoff di setiap hari, belum difinalisasi. Tapi, dengan bulan yang memasuki musim panas, pertandingan dimainkan pada bagian hari yang tidak terlalu terik. Misalnya, di wilayah utara Spanyol, pertandingan bisa dimulai pada pukul 22.00 malam, sementara di daerah yang lebih panas kickoff dimulai pukul 23.00 WIB.

Kesepakatan itu akan dilakukan begitu mendapat ratifikasi dari Hakim Andfres Sanchez Magro. Sebab, pengadilan pula yang menyelesaikan sengketa antara La Liga dan RFEF soal jadwal yang berlangsung Agustus lalu. Sanchez Magro membolehkan pertandingan berlangsung pada Jumat, tapi tidak di hari Senin. Keputusan itu, sepertinya, secara temporer akan berubah sehingga musim ini bisa diselesaikan tepat waktu.

Bagi La Liga, pertandingan digelar setiap hari dalam sepekan, memberi arti bahwa tim yang main pada Senin malam, harus main lagi pada Kamis. Dengan dua pertandingan dalam sepekan, La Liga bisa diselesaikan pada 29 Juli, waktu yang ditetapkan UEFA untuk menetapkan kontestan Liga Champions yang akan bergulir lagi pada 2 Agustus mendatang.