Ternyata...Ini Kunci Erling Haaland Mudah Cetak Gol

Ternyata...Ini Kunci Erling Haaland Mudah Cetak Gol

INILAH, Dortmund - Erling Haaland jadi salah satu properti terpanas di sepak bola dunia. Semua klub mengincarnya. Apa kelebihannya?

Penyerang berusia 19 tahun itu mendemonstrasikan kembali kemampuan mencetak golnya begitu Kompetisi Bundesliga bergulir. Dia mencetak satu gol Borussia Dortmund yang mengalahkan rekan sekotanya, Schalke 04 dengan 4-0, Sabtu.

Bersama MBP School, Marca mencoba menganalisa permainan Erling Haaland. Kekuatannya terlihat dan apa yang membuatnya begitu potensial.

Ada beberapa kunci yang membuat permainan Haaland begitu eksplosif. Sedikitnya ada empat faktor yang membuatnya bisa dengan leluasa mencetak gol. Semuanya memberi jalan bagaimana putra mantan bek Norwegia, Alf Inge Haaland, itu jadi primadona.

Umpan silang di kotak penalti

Seorang striker yang bagus akan berupaya bergerak 'mengelabuhi' pengawanya, untuk menciptakan ruang di kotak penalti. Haaland melakukannya dengan efisien, membuatnya berlari bersama bek lawan, sebelum mengubah arah di detik-detik terakhir untuk membuka ruang tembak.

Dengan ruang yang mulai terbuka yang dia ciptakan, Haaland bisa menyelesaikan sebuah umpan atau umpan silang yang datang dengan caranya sendiri. Ini, khususnya, sangat bermanfaat bagi tim yang menggaet seorang pencocor bola untuk mencetak gol di kotak penalti.

Gerakan menyerang

Haaland suka main berdampingan dengan bek lawan dan mengambil manfaat dari ruang yang tersisa di antara mereka.

Untuk meraih sukses atas pergerakan ini, dia sudah melihat apakah rekannya dalam posisi untuk menyodorkan bola dari belakang, apakah ada ruang yang cukup antara bek dan kiper lawan, dan waktu berlarinya, untuk mencapai kesempurnaan.

Cara seperti ini juga sangat bermanfaat saat timnya menghadapi klub yang mengandalkan permainan dengan gaya bola-bola atas.

Gerakan lebih menyerang

Haaland bukan hanya seorang pencetak gol yang hebat, dia juga seorang pemberi assist yang luar biasa. Dia menarik perhatian para bek lawan sebelum menyodorkan bola kepada rekannya yang berada pada posisi yang lebih baik daripadanya.

Caranya ini akan sangat bermanfaat bagi tim yang memiliki link-up bagus antara para penyerang mereka. Dia sudah membuktikannya dengan memberi dua assist atas gol rekan-rekannya musim ini.

Pressing

Sang striker kadang-kadang berduel dengan pertahanan sejak dari depan dan Haaland tahu kemana dan kapan untuk memberikan tekanan pada bola. Caranya ini bermanfaat bagi tim yang ingin memberikan pressing tinggi di lapangan dan memaksa lawan membuat kesalahan.

Kesimpulan analisis
*Menggiring bek lawan beregerak satu arah dan mengubah arah di menit-menit terakhir untuk menyelesaikan peluang.
*Berlari di samping pertahanan lawan untuk menciptakan situasi satu-lawan satu dengan kiper.
*Menarik bek lawan sedikit maju sebelum mengirimkan umpan kepada rekan yang memiliki peluang lebih baik.
*Tahu kemana dan kapan memberikan tekanan pada bola ketika lawan menguasainya.