AIK-PAS Wadahi Bakat-Minat Mahasiswa pada Tarik Suara

AIK-PAS Wadahi Bakat-Minat Mahasiswa pada Tarik Suara
Akademi Ilmu Keuangan Pasundan (AIK-PAS) merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di lingkungan kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasundan. (okky adiana)

INILAH, Bandung - Akademi Ilmu Keuangan Pasundan (AIK-PAS) merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di lingkungan kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasundan. Kegiatan ini untuk mewadahi bakat dan minat mahasiswa di bidang tarik suara.

Berdiri sejak tahun 1971 paduan suara mahasiswa STIE Pasundan Bandung selalu eksis mengikuti setiap kegiatan-kegiatan kampus, baik itu di lingkungan kampus maupun di luar kampus.

“UKM kami adalah salah satu dari beberapa UKM STIE Pasundan sudah cukup progres dan menjadi UKM yang cukup aktif dan diminati, di mana memiliki visi untuk menciptakan prestasi dengan harmonisasi melodi, nilai-nilai kesundaan, dan ketakwaan pada Tuhan YME,” ujar Ketua Paduan Suara Mahasiswa STIE Pasundan, Fadlila Nur Fithria, Senin (18/5/2020).

Dia mengatakan, Paduan Suara Mahasiswa mempunyai misi untuk menjalin dan memperkuat ikatan atas dasar kesenian, di samping itu mengembangkan bakat dan meningkatkan rasa percaya diri.

Tidak hanya itu, juga meningkatkan kualitas vokal dan kepaduan bernyanyi, mendalami dinamika untuk mencapai estetika, serta memperkenalkan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pasundan yang kental akan budaya kesundaannya.

“Agenda rutin kami yaitu latihan mingguan setiap hari Jumat, berpartisipasi di acara wisuda dan dalam setiap kegiatan-kegiatan kampus lainnya jika dibutuhkan dengan mendelegasikan beberapa personel kami menjadi grup Accoustic Band. Biasanya anggota Paduan Suara Mahasiswa juga mengisi di beberapa acara eksternal,” tambah Fadlila.

Menurut Fadlila untuk agenda individual, setiap anggota dibebaskan dalam memiliki channel pribadi untuk menambahkan pengalaman bernyanyi di depan umum.

“Kami memiliki sekitar 75 anggota pokok yang kemudian dibagi menjadi beberapa grup Accoustic Band juga solo. Anggota kami sudah mulai merambah panggung eksternal di luar kegiatan kampus dalam mengekspresikan bakat-bakatnya. Kami rasa, perkembangan pesat ini terjadi sejak 2005, ketika mulai dibina oleh bapak Lungguh Jatmika S.S.,M.M,” terangnya.

Rencana ke depan, Paduan Suara Mahasiswa akan mengadakan acara perlombaan bernyanyi solo atau grup internal kampus kemudian internal dan eksternal, paduan suara antar SMP, SMA/K yang diawali dengan kesamaan background Pasundan dan lain-lainnya yang berfokus dalam peningkatan mutu juga daya tarik instansi pendidikan yang memayunginya.

“Kami berharap bahwa Paduan Suara Mahasiswa STIE Pasundan menjadi UKM yang selalu siap dalam menciptakan dan mendapatkan peluang, tetap terjaga kekompakan setiap anggotanya, juga semoga terus berkembang dan selalu memiliki ruang dalam hati semua orang yang sudah dan akan menyaksikan penampilannya,” pungkas Fadlila. (okky adiana)