Terungkap...Mantan Persib Ini Nyaris Gabung Liverpool

Terungkap...Mantan Persib Ini Nyaris Gabung Liverpool

INILAH, London - Mantan bintang Persib ini mengungkapkan dirinya hampir saja bergabung dengan Liverpool. Dia adalah Michael Essien.

Gelandang asal Ghana itu bersinar bersama Chelsea. Dia baru meninggalkan Stamford Bridge pada tahun 2014 setelah memenangkan hampir semua trofi juara.

Pemain yang sempat membuat bobotoh Persib dilanda euforia itu membela Chelsea selama sembilan musim. Dia memenangkan Liga Champions, dua gelar juara Liga Primer, empat trofi Piala FA, dan satu Piala Liga.

Chelsea pada saat itu membayar transfer dengan rekor tertinggi 24,4 juta pound untuk Luon pada 2005. Dia kemudian tampil di 256 pertandingan Chelsea dan mencetak 25 gol.

Meski begitu, Michael Essien yang kini berusia 37 tahun, mengungkapkan dia sebenarnya hampir saja bergabung dengan Liverpool pada 2002. Bintang Ghana itu bertemu dengan Gerard Houllier, saat itu pelatih Liverpool, di kamp latihan si Merah di Melwood.

Hanya saja, kala itu Essien yang masih berkostum Bastia, menyatakan masa depannya ada di klub Prancis itu. Dia bahkan tak tertarik dengan tawaran klub-klub raksasa Prancis lainnya.

"Saya mendapat banyak tawaran ketika masih bersama Bastia. Saya hampir saja bergabung dengan Liverpool ketika Gerard Houllier jadi pelatih mereka. Saya bahkan datang ke Melwood untuk bertemu pelatih. Kami berbicara dan saya kembali ke Prancis," ujarnya.

Meski menolak Liverpool, tawaran tak pernah berhenti untuk Michael Essien. Klub-klub seperti Paris St Germain dan Olympique Marseile mendekatinya.

"Bagaimanapun, saya bilang ke Bastia, saya tak ingin pindah. Mereka juga tak hendak menjual saya. Mereka ingin saya bertahan semusim lagi," ujarnya pula.

Tiga musim lamanya dia di Bastia. Setelah kontraknya habis, dia menerima tawaran Lyon. "Saya kira, terlalu pagi bagi saya untuk pindah ke Inggris," katanya.

Saat lehenda-legenda Chelsea seperti John Terry, Frank Lampard, dan Didier Drogba sudah gantung sepatu, Essien masih terus bermain. Setelah membela Persib, kini dia tercatat sebagai pemain klub Azerbaijan, Sabail FK. Tak hanya bermain, dia juga jadi pelatih untuk tim U-19 Sabail FK.