Terdampak Meluapnya Sungai Cileungsi, Musala Ini Terancam Ambruk

Terdampak Meluapnya Sungai Cileungsi, Musala Ini Terancam Ambruk
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Gunung Putri - Akibat diterpa hujan deras dari Senin (18/5/2020) pukul 14.00-22.00 WIB dan meluapnya sungai Cileungsi, musala As Salam yang berada di Perumahan Bumi Mutiara Kabupaten Bogor terancam ambruk.

Bahkan, sebagian pondasi musala itu kini mengalami longsor hingga materialnya jatuh ke bawah jurang setinggi lebih dari 5 meter.

"Akibat hujan deras dan meluapnya aliran sungai musala yang memang berada di pinggir sungai mulai ambruk siang ini sekitar pukul 13.30 WIB,"  kata Puarman, Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C) kepada wartawan, Selasa (19/5/2020).

Akibat kondisi musala yang memprihatinkan itu, selain tidak bisa melaksanakan ibadah salat berjamaah anak-anak tidak bisa digunakan lagi untuk belajar mengaji.

Selain itu, dia menuturkan hujan deras selama beberapa jam juga membuat banjir lingkungan lainnya di Desa Bojong Kulur. Tercatat sebanyak 3.270 kepala keluarga (KK) terdampak bencana alam rutin ini.

"Total ada 3.270 KK terdampak bencana alam rutin ini, dimana rumah mereka terendam air mulai dari 30-120 cm. Air sungai Cileungsi ini naik ke atas pemukiman mulai dari pukul 20.00 WIB hingga baru surut pada Selasa pagi pukul 05.00 WIB," jelas Puarman. (Reza Zurifwan)