RW 01 Kelurahan Antapani Tengah Dirikan Lumbung Logistik  

RW 01 Kelurahan Antapani Tengah Dirikan Lumbung Logistik   
istimewa

INILAH, Bandung - Agar bantuan atau donasi selama pandemi Covid-19 terkoordinir, RW 01 Kelurahan Antapani Tengah, Kecamatan Antapani mendirikan lumbung logistik. Setiap warga yang ingin berdonasi, bisa menyerahkannya langsung ke lumbung logistik.

Dari hasil bantuan yang terkumpul, lumbung logistik akan mendistribusikannya kepada warga yang membutuhkannya.

"Warga berinisiatif membentuk lumbung. Setelah itu kita cari donasi, Alhamdulillah terkumpul untuk disalurkan kepada yang membutuhkan," kata Ketua RW 01 Kelurahan Antapani Tengah, Kecamatan Antapani, Heru Pakusuyanto di sela-sela kegiatan Sabandung (Sangu Bancakan Urang Bandung), di Taman RW 01, Rabu (20/5).

Hingga pekan ini, lumbung logistik RW 01, dituturkan dia telah menyalurkan sebanyak  700 paket sembako bagi warga yang terdampak pandemi Covid-19.

"Dalam seminggu sekali kita berikan bantuan 100-150 paket sembako. Macam-macam isinya, mulai dari beras, minyak, gula, mie instan sampai kecap manis. Juga kalau ada warga yang menyumbang, waktu itu pernah kita sumbangkan madu," ucapnya.

Karena kinerja yang cukup baik, lumbung logistik RW 01 memperoleh kepercayaan menerima bantuan satu ton beras dari Satgas Citarum Harum.

"Kami juga dapat bantuan dari satgas Citarum Harum yaitu beras 1 ton. Kita kemas dan bagi-bagi untuk warga," ujar dia

Mendengar hal tersebut, Ketua TP PKK Kota Bandung, Siti Muntamah Oded mengucapkan rasa bangga dan terima kasihnya.

Umi sapaan akrabnya menilai, pandemi Covid-19 telah membuat warga Kota Bandung semakin guyub. Warga berduyun-duyun saling membantu.

"Gerakan seperti ini bagus. Seperti halnya juga PKK yang menggerakan para kader untuk saling membantu," kata Umi.

Dia menyampaikan, selain bantuan swadaya masyarakat, dari pemerintah pun terus menyalurkan. Seperti halnya program Sabandung yang mengunakan alokasi dana PIPPK.

"Kita pun tergerak untuk membantu. Alokasi ini khusus untuk kegiatan Sabandung," ucapnya.

Sementara itu, Dansektor 22 Satgas Citarum Harum, Kol Inf Asep Rahman Taupik yang hadir di acara tersebut juga menilai jiwa gotong royong warga Kota Bandung sangat besar.

"Apresiasi kepada RW 01, mampu menggagas seperti ini, luas biasa. Kita harus semakin bersatu melawan Covid-19," kata Asep.

Sementara itu, Lurah Antapani Tengah, Teguh Haris Phaton menyampaikan, PKK dan RW berkolaborasi dalam memberiku bantuan ini. PKK mengelola kegiatan Sabandung, sedangkan RW memiliki lumbung logistik. Menjadi sinergi yang baik untuk membantu warga.

"Kita berkolaborasi saja. Sekalian membagikan kepada warga yang terdampak. Intinya warga yang membutuhkan harus memperoleh bantuan, jangan sampai tidak," kata Teguh. (yogo triastopo)