Jawaban BMKG Soal Suara Dentuman Misterius di Bandung

Jawaban BMKG Soal Suara Dentuman Misterius di Bandung
istimewa

INILAH, Bandung - Sebagian masyarakat Kota Bandung dikejutkan dengan suara dentuman pada kamis (21/5) pagi. Suara itu didengar hingga beberapa kali dan ramai diperbincangankan di media sosial.

Menanggapi hal tersebut, Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung, Tony Agus Wijaya mengatakan, dentuman tersebut bukan diakibatkan oleh adanya gempa bumi. Paslanya, di kawasan Bandung Raya tidak ada laporan kejadian gempa bumi.

"Tidak Ada Kejadian Gempa Bumi, hari ini di sekitar Bandung. Dari Jam 00.00 sampai dengan 10.00 WIB," ucap Tony melalui keterangan persnya.

Selain itu, Tony juga menyebutkan, cuaca di kawasan bandung raya terpantau cerah. Oleh karena itu, dapat dipastikan dentuman suara tersebut bukan karena faktor cuaca.

"Cuaca di Bandung Raya pada pagi hari hingga Jam 10.00 WIB, pada kondisi cerah dan Berawan, tidak terjadi hujan. Tidak ada kejadian petir di Bandung Raya, antara Jam 08.30 sampai dengan 10.00 WIB," ungkap Tony.

Tony menambahkan, perlu kajian dan analisis lebih dalam untuk menyimpulkan asal suara dentuman tersebut. Pasalnya, jika menduga pada faktor gempa, cuaca dan petir, tidak ada tanda-tanda suara dentuman berasal hal tersebut.

"Perlu dianalisis penyebab sumber suara dari faktor selain Gempa, Cuaca, dan Petir," pungkas Tony. (Ridwan Abdul Malik)