HUT ke-59, Kontribusi Nyata BJB di Tengah Pandemi Covid-19

HUT ke-59, Kontribusi Nyata BJB di Tengah Pandemi Covid-19
net

INILAH, Bandung - Sebagai rasa syukur atas pencapaian kiprah bisnis selama 59 tahun, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJB) menggelar berbagai program menarik bagi nasabah. Selain itu, sejumlah program dan kegiatan sosial digelar sebagai bentuk kontribusi nyata BJB bagi masyarakat di tengah pandemi virus corona.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary BJB Widi Hartoto mengatakan, peringatan HUT ke-59 BJB kali ini mengangkat tema “Terus Berinovasi Sinergikan Negeri”. Tema ini menggambarkan komitmen BJB yang terus melakukan peningkatan dan inovasi digital, khususnya pada 2020 yang dilanda pandemi Covid-19.

"Layanan digital BJB mampu berkontribusi dengan baik bagi nasabah dan membantu tertib untuk ber-social distancing sejalan dengan imbauan dari pemerintah dalam penerapan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) demi memerangi pandemi Covid-19," kata Widi dalam rilis yang diterima, Kamis (21/5/2020).

Sementara, untuk membantu percepatan penanganan Covid-19 perseroan juga telah menyalurkan sejumlah bantuan. Di antaranya bantuan penanganan Covid-19 sebesar Rp2 miliar kepada Jabar Quick Response. Juga bantuan wastafel portable untuk pasar, taman dan jalan strategis se-Kota Bandung, desinfeksi dan pemberian handsanitizer pada sejumlah titik di Kota Bandung, pemberian sembako, vitamin, hand sanitizer dan alat pelindung diri (APD) untuk panti asuhan.

Program CSR lainnya yaitu pemberian ribuan unit APD kepada beberapa pemerintahan daerah, bantuan paket sembako, pemberian nasi boks untuk ojek online, sopir angkot dan dhuafa, pelestarian budaya melalui Haji Geyot serta pemberian bantuan kepada kebun binatang untuk menjaga dan memelihara keberlangsungan satwa yang ada.

Dia menyebutkan, rangkaian HUT ke-59 BJB dimulai sejak April lalu. Puncaknya pada 20 Mei 2020, tepat pada hari lahir BJB. Berbagai program menarik digelar secara online, seperti Festival Ramadhan e-commerce, telco, dan program lainnya hingga program sosial CSR dan Great People BJB Peduli.

Khusus terkait Great People BJB Peduli, Widi menyebutkan program itu lahir sebagai bentuk kepedulian karyawan BJB terhadap pandemi Covid-19. Gerakan berupa pengumpulan donasi dari para karyawan itu untuk membantu mereka yang terdampak krisis pandemi Covid-19, terutama yang mengalami kesulitan ekonomi.

Inisiatif galangan kepedulian karyawan BJB ini melibatkan sejumlah organisasi internal karyawan. Di antaranya BJB Human Capital Care (HC Care), BJB Club, Serikat Karyawan (Sekar) BJB, dan Badan Pembina Kerohanian Islam (Bapekis) BJB.

"Mekanisme partisipasinya bersifat sukarela dimana donatur dapat memberikan donasinya via transfer ke nomor rekening yang sudah ditunjuk maupun autodebet dari rekening simpanan/gaji yang dimiliki karyawan," ujarnya.

Donasi akan disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan setiap bulannya. Program Great People BJB dimulai 2 April hingga 30 Juni 2020. Posisi per-17 Mei 2020, total donasi yang berhasil dikumpulkan mencapai Rp728.403.207, diperkirakan akan terus bertambah.

Donasi yang terkumpul nantinya akan disalurkan ke rumah sakit rujukan Covid-19 dalam bentuk pembelian alat-alat medis kebutuhan Covid-19. Di antaranya ventilator, APD, sabun cair, hand sanitizier, surgical face mask, face shield, hazmat, safety boots, dan masker N-95. Selain itu, bantuan dalam bentuk uang tunai diberikan kepada masyarakat yang terdampak dan mustahiq yang membutuhkan seperti kaum dhuafa, kelompok masyarakat rentan, anak yatim. (*)