Barcelona Juara La Liga 2019/2020!

Barcelona Juara La Liga 2019/2020!

INILAH, Barcelona - Barcelona bakal jadi juara La Liga 2019/2020. Di akhir musim, mereka unggul empat poin dari Real Madrid.

Kompetisi La Liga masih menyisakan 11 pertandingan untuk dituntaskan. Masih cukup banyak pertandingan dan tersedia 33 poin yang bisa direbut masing-masing klub hingga musim kompetisi berakhir.

Tapi, sudah ada yang membuat prediksi. Salah satunya Stats Perform, sebuah perusahaan yang mendasarkan pada intelijensia artifisial (AI) untuk menentukan bagaimana tabel klasemen nanti di akhir musim.

Mngandalkan resolusi algoritma, Stats Perform menyimpulkan bahwa Barcelona yang kini mengoleksi 58 poin, akan tampil sebagai juara. Mereka akan menambah koleksi 25 dari maksimal 33 poin sehingga di akhir musim memiliki 83 poin.

Real Madrid bakal menduduki peringkat kedua. Mereka yang kini tertinggal dua poin, di akhir musim akan ketinggalan empat poin di belakang Barcelona. Sedangkan Atletico Madrid menduduki peringkat ketiga, melampaui sejumlah klub, untuk meraih tiket ke Liga Champions.

Sevilla yang kini menduduki peringkat ketiga, akan turun ke posisi keempat. Getafe juga diperhitungkan bakal lolos ke Eropa, tapi untuk Europa League setelah menduduki peringkat kelima, di atas Real Sociedad dan Valencia.

Di papan bawah, tak ada perubahan posisi. Tiga klub yang bakal mengalami degradasi dari La Liga adalah Mallorca, Leganes, dan Espanyol.

Petinggi Stats Perform, David Perales, menyatakan mereka memiliki departemen saintifik yang berlokasi di Inggris untuk mencari matrik baru untuk diaplikasikan di sepak bola.

Perhitungan ini, menurutnya, didasarkan pada angka-angka yang selama ini muncul. "Analisa ini didasarkan pada beragam algoritma, mulai dari kualitas serangan dan pertahanan tim, hasil di empat usim terakhir, dan simulasi 10 ribu kali hasil seluruh pertandingan," sebutnya.