Catat: La Liga Bergulir Lagi 12 Juni 2020

Catat: La Liga Bergulir Lagi 12 Juni 2020

INILAH, Madrid - Bersiaplah menyambut kembalinya Kompetisi La Liga. Kompetisi akan dilanjutkan kembali pada 12 Juni 2020. Diawali dengan derby Sevilla-Real Betis.

Kompetisi, sebagaimana dilaporkan Elmundo Deportivo, akan berlangsung hingga 19 Juli mendatang. Dalam kurun waktu lima minggu itu, setiap klub akan bermain sekali setiap 72 jam alias tiga hari.

Keputusan yang sudah diambil La Liga itu segera akan diumumkan kepada klub. Kalender penuh sisa Kompetisi La Liga bakal dikomunikasikan dengan klub pada 28 Mei mendatang.

Presiden La Liga, Javier Tebas, meskipun penguruman resmi belum dibuat, pihaknya segera mengkomunikasikan. Dalam beberapa hari ini, Javier Tebas akan menyampaikan keinginannya melanjutkan kompetisi pada awal Juni ini.

La Liga, bekerja sama dengan KONI-nya Spanyol dan Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), selain otoritas Kementerian Kesehatan, berharap kompetisi bisa kembali melanjutkan kompetisi pada 12 Jni. Pengumuman resmi baru akan dibuat hingga fase keempat atau terakhir latihan klub, yang harusnya bisa terjadi pada beberapa pekan ini jika segala sesuatunya kembali ke kehidupan baru dalam beberapa hari ini.

Klub-klub La Liga, termasuk klub Divisi I, sudah mulai menjalani fase ketiga latihan pada Senin. Para pemain sudah menjalani latihan pribadi di rumah (fase pertama) dan latihan di fasilitas olagraga di kota (fase kedua) dan bisa menjalani latihan maksimal bersama 10 pemain. Kurang dari dua pekan ke depan, latihan bisa diperluas menjadi maksimal 14 orang (fase keempat) dan saat itulah konsentrasi dimuai untuk menjalani kompetisi sebagaimana yang sudah direncanakan.