Belum Telat, Ayo Bayar Zakat di Baznas Kabupaten Bandung

Belum Telat, Ayo Bayar Zakat di Baznas Kabupaten Bandung

INILAH,Bandung - Badan Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bandung menetapkan besaran pembayaran zakat fitrah senilai Rp30 ribu setiap orangnya. Bagi masyarakat yang belum membayar zakat fitrah bisa dilakukan secara daring dengan mengakses situs resminya. 

"Sudah tetapkan nilainya Rp30 ribu per orangnya. Untuk masyarakat yang ingin membayar zakat fitrah, namun tidak sempat datang ke masjid atau ketempat kami, sekarang bisa dilakukan juga secara daring atau online. Yakni dengan mengakses baznaskabbandung.or.id," kata Ketua Baznas Kabupaten Bandung, Dudi Abdul Hadi di Soreang, Sabtu  (22/52020).

Cara membayarnya, kata Dudi, warga bisa memilih menu zakat di situs tersebut. Kemudian menuliskan tujuannya. Setelah itu warga bisa melakukan pembayaran via transfer bank (m-banking) dengan keterangan untuk pembayaran zakat. Baik untuk satu orang maupun beberapa orang. 

"Nanti ada notifikasinya. Jadi kami tahu tujuannya pembayaran untuk apa. Apa untuk zakat fitrah, infaq, sodaqoh atau zakat lainnya," ujarnya.  

Setelah dibayarkan, maka akan ada pemberitahuan dari Baznas Kabupaten Bandung dengan pesan yang didalamnya ada tulisan doa setelah melakukan pembayaran zakat untuk muzakki. Sementara untui ijab qabul hanya tambahan saja, tidak diwajibkan. 

"Zakat ini beda dengan hukum transaksi jual beli barang yang harus ada akad. Kalau zakat cukup dengan niat dari pembayar zakat (muzakki) bisa langsung membayar zakat fitrahnya," ujarnya.  (dani r nugraha)