Mau ke Cianjur tapi Diputar Balik, Pemudik 'Serbu' Restoran di Puncak Bogor

Mau ke Cianjur tapi Diputar Balik, Pemudik 'Serbu' Restoran di Puncak Bogor
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor - Libur Idul Fitri 1441 Hijriyah dimanfaatkan warga untuk berlibur maupun mudik ke Kabupaten Cianjur dan sekitarnya. Namun karena Kabupaten Bogor sedang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), para wisatawan maupun warga yang ingin mudik ini pun diputar balik ke arah Kabupaten Bogor.

"Udah ratusan warga baik yang naik kendaraan roda dua maupun roda empat yang kita perintah untuk putar balik ke arah Kabupaten Bogor," ucap Wakapolsek Cipanas AKP Tata Carnita kepada wartawan di Puncak Pass Cipanas, Senin (25/5).

Nandang anggota Satpol PP Kabupaten Cianjur yang ditugaskan mendata kendaraan roda dua dan empat menambahkan jika dilihat dari data puncak arus kendaraan ke arah Kabupaten Cianjur terjadi hari pertama Idhul Fitri 1441 Hijiriyah.

"Sepertinya puncak arus kendaraan ke arah Kabupaten Cianjur terjadi kemarin karena ada 2.011 unit kendaraan roda dua yang mau masuk semenrara kendaraan roda empat yang mau masuk itu jumlahnya 248 unit. Dari jumlah itu sebanyak 260 kendaraan roda dua dan 214 kendaraan roda empat yang diperintah untuk putar balik ke arah Kabupaten Bogor," tambah Nandang.

Ia menuturkan hingga Senin pagi pukul 10.30 WIB, sebanyak 23 unit kendaraan roda dua dan 48 kendaraan roda empat yang sudah diperintahkan untuk putar balik ke arah Kabupaten Bogor.

"Kendaraan roda dua dan roda empat yang diperintahkan  untuk putar balik oleh Tim Gugus Tugas Penanggana  Covid 19 Kabupaten Cianjur itu didominasi plat B atau diluar plat F, mereka umumnya wisatawan dan ada juga yang ingin mudik ke Bandung dan sekitarnya," tuturnya.

Pantauan Inilah, akibat banyak kendaraan roda dua dan roda empat yang diperintahkan untuk putar balik ke arah Kabupaten Bogor, sejumlah rumah makan, restauran dan warung kopi di Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor diramaikan oleh wisatawan.

Sementara dampak dari pengecekan kendaraan roda dua maupun roda empat di Puncak Pass Cipanas Kabupaten Cianjur, arus kendaraan tersendat dan mengalami sedikit kemacetan lalu lintas. (Reza Zurifwan)