PSBB Efektif di Kabupaten Cirebon, Bahkan PDP Pun Tak Bertambah

PSBB Efektif di Kabupaten Cirebon, Bahkan PDP Pun Tak Bertambah

INILAH, Cirebon - Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap II di Kabupaten Cirebon, dinilai mampu menekan penyebaran Covid-19. Buktinya, tidak ada penambahan yang signifikan terkait penyebaran virus mematikan ini. 

Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cirebon menyebutkan, hingga H+1 lebaran, total Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten Cirebon, ada 53 orang. Tercatat, 40 orang dinyatakan selesai, dan 4 orang masih berstatus PDP. Sementara 9 orang  lainnya dinyatakan meninggal dunia. PDP didominasi oleh jenis kelamin laki-laki sebanyak 30 orang, dan 23 orang lainnya berjenis kelamin perempuan.

"PSBB tahap dua ini cukup efektif. Penyebaran covid-19 bisa ditekan. Data sampai hari Minggu ini atau sejak empat hari lalu, belum ada penambahan PDP. Mudah-mudahan terus seperti ini," kata Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cirebon, Nanang Ruhyana, Minggu (25/5/2020).

Sedangkan kasus terkonfirmasi covid-19, hanya tinggal 2 orang lagi. Dari 10 orang terkonfirmasi covid-19, ada 6 orang dinyatakan sembuh, 2 orang dinyatakan meninggal dunia dan 2 orang lainnya masih menjalani perawatan. Namun, semua yang terkonfirmasi positif, tidak ada satupun yang dirawat di Rumah Sakit.

"Semua yang terkonfirmasi positif melakukan karantina mandiri di rumah. Mereka semua tanpa gejala klinis. Pihak puskesmas tetap melakukan pengawasan, untuk melihat perkembangan kesehatan mereka," jelas Nanang. 

Sementara  jumlah Orang Dalam Pemantauan  (ODP) lanjut Nanang, totalnya ada 198 orang. Dinyatakan selesai ODP jumlahnya 187 orang, status masih pemantauan ada 7 orang, dan 4 orang dinyatakan meninggal dunia. Total tersebut mencakup 127 orang jenis kelamin laki-laki, dan 71 orang perempuan serta 196 berstatus WNI dan 2 orang WNA.

Nanang menambahkan, untuk status Orang Tanpa Gejala (OTG) totalnya sudah mencapai 74 orang. Ada 68 orang dinyatakan selesai, dan 6 orang masih pemantauan. Sementara jumlah yang sudah menjalani test PCR sebanyak 984, dan 8 orang terkonfirmasi Positif. Pihaknya juga sudah melakukan rapid  test kepada  1.631 orang dan ditemukan 5 orang yang reaktif.

"Wajarlah, kan jumlah pemudik sampai saat ini ada 44.224 orang. Tapi saya meminta, semua masyarakat Kabupaten Cirebon mematuhi semua protokol kesehatan covid-19. Jaga jarak, hindari kerumunan, pakai masker dan sering mencuci tangan," tukas Nanang. (maman suharman)