Zalnando Kehilangan Tradisi di Lebaran Tahun Ini

Zalnando Kehilangan Tradisi di Lebaran Tahun Ini
Zalnando. (Net)

INILAH, Bandung - Fullback Persib Bandung, Zalnando akui kehilangan beberapa tradisi di Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Satu di antaranya adalah halal bihalal. 

Tradisi ini merupakan ajang silaturahmi untuk bermaaf-maafan serta berbagi cerita kepada para saudara saat Hari Raya Idul Fitri. 

Tradisi itu menghilang karena pemerintah masih menganjurkan masyarakatnya untuk tetap berada di rumah demi memutus penyebaran virus Corona (Covid-19).

"Sekarang ya engga ada. Paling untuk keluarga di rumah saja. Karena lebih jaga jarak juga sih," ujar Zalnando saat dihubungi. 

Pemain asal Kota Cimahi ini mengaku biasanya di setiap lebaran kegiatan halal bihalal selalu terjadi. Tak hanya saudara, namun juga para tetangga melakukan kumpul bersama. 

"Biasanya open house. Seperti para tetangga pada dateng setelah shalat Ied. Sekarang di rumah saja, masak juga buat di rumah saja paling," katanya. 

Soal mudik, Zalnando tak pernah melakukannya. Sebab setiap lebaran, saudaranya lah yang mendatangi kediamannya. 

"Paling ke rumah saudara di Meleber (Kota Cimahi). Tapi rada ngeri sih mau silaturahmi ke rumah saudara. Jadinya di rumah saja," katanya. 

Karena itu, Zalnando merasa kurang bersosialisasi. "Ngobrol lewat telepon atau video call, beda sih rasanya," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)