Pemain Ini Bikin Messi dan Ronaldo Seperti Tak Ada Apa-apanya

Pemain Ini Bikin Messi dan Ronaldo Seperti Tak Ada Apa-apanya

INILAH, Dortmund - Erling Barut Haaland menjelma menjadi kandidat raja baru Eropa. Dia telah dan mungkin akan mematahkan hegemoni persaingan dua pemain terbaik saat ini: Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Yang paling menggiurkan dari penyerang Borussia Dortmund ini adalah ketajamannya mencetak gol. Soal ini, putra mantan pemain Leeds United dan Manchester City, Alf Inge Haaland itu bahkan sudah mematahkan rekor Messi dan Ronaldo. Dia bahkan membuat Messi dan Ronaldo seperti tak ada apa-apanya.

Pencetak gol terbanyak Piala Dunia U-20 2019 ini mencetak gol lebih banyak dibanding Messi dan Ronaldo menjelang usianya 20 tahun. Dia bahkan mampu melakukannya dalam jumlah pertandingan yang lebih sedikit dengan rasio gol yang jauh lebih hebat.

Sejak bergabung dengan Dortmund, Januari lalu, Haaland hanya gagal mencetak gol di empat pertandingan. Dalam usia 19 tahun 10 bulan, dia telah mencetak 62 gol dalam 106 pertandingan klubnya.

Mau tahu berapa gol yang dicetak Ronaldo dalam usia yang sama? Hanya 12 gol di 87 pertandingan. Messi yang lebih baik dari Ronaldo pun hanya mencetak 20 gol dari 63 pertandingan.

Maka, secara rasio, penyerang Norwegia itu mencetak 0,53 gol di setiap laga yang dia ikuti. Messi? Hanya 0,31 gol. Ronaldo? Lebih parah, hanya 0,13 gol.

Tak heran, jika Pelatih Bayern Munchen, Hansi Flick menggambarkan Haaland sebagai pemain yang paling diawasi menjelang lawatan klubnya ke Dortmund, Selasa ini. Konsentrasinya yang kuat dalam mencetak gol di samping fisiknya yang hebat membuat Haaland menjadi penyerang yang sulit dilumpuhkan pemain belakang lawan.

Uniknya, Real Madrid pun menjadikan Haaland sebagai kandidat pengisi posisi yang ditinggalkan Ronaldo. Sejak hengkang ke Juventus, Ronaldo seperti tak tergantikan di Real Madrid.

Hanya saja, super-agen Mino Raiola, memperkirakan Haaland akan tetap bertahan bersama Borussia Dortmund hingga 2022. Setelah itu, dia akan memilih klub mana yang memberikan penawaran terbaik. Real Madrid tentu saja berada di posisi itu untuk melakukan negosiasi.