Reaksi DPR Rambut Habib Bahar Dipotong

Reaksi DPR Rambut Habib Bahar Dipotong
istimewa

INILAH,  Jakarta - Politikus Partai Gerindra, Habiburokhman mendesak Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang juga diketahui sebagai unsur pelaksana Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia, menjelaskan soal pemotongan rambut Bahar bin Smith.

"Ditjen Pemasyarakatan harus jelaskan soal pemotongan rambut Habib Bahar," cuit akun Twitter @habiburokhman, dikutip Senin (25/5/2020).

Sepengetahuan Habiburokhman, tidak ada aturan hukumnya, kalaupun ada protap harus jelas dasarnya mengenai pemotongan rambut. Habiburokhman yang juga anggota DPR RI ini, berencana menanyakan perihal tersebut ke Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly saat rapat kerja.

"Lagipula apa relevansinya dg pembinaan atau keamanan ? Raker berikut saya akan tanya ke Menkumham," tulis dia.

Diketahui Bahar bin Smith saat ini sedang ditahan di Lapas Batu, Nusakambangan. Dari video yang viral di media sosial, rambut panjang dan berwarna pirang Bahar bin Smith sudah dipotong. Hal itu sesuai dengan SOP Lapas Batu Nusakambangan. Bahar pun tak keberatan dan diakui tak ada paksaan dari siapapun mengenai rambutnya dipangkas.

"Adapun masalah rambut, sesuai dengan SOP yang ada di Nusakambangan ini bahwasanya setiap warga binaan yang baru dipotong rambutnya, maka saya sebagai warga binaan yang taat dan patuh kepada aturan, maka saya bersedia rambut saya dipotong," ucap Bahar dalam sebuah video. (inilah.com)